Resep - Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Lezat

Abon adalah makanan yang di buat dari daging hewan. Memiliki warna cokelat cerah hingga condong hitam apabila dalam pemrosesannya dibumbui memakai kecap. Abon tampak laksana serabut kapas karena didominasi serat daging hewan kering. Karena dalam situasi kering serta nyaris tak memiliki kandungan air, abon biasanya tahan disimpan sebagian bln. memakai bungkus kedap hawa. Abon biasanya dikonsumsi jadi lauk rekan makan nasi, ditaburkan diatas semangkok mie pangsit atau bubur ayam serta jadi bahan isian lemper. Ada pula yang umum mengonsumsinya segera seperti camilan. Daging hewan yang umum di buat abon yaitu daging sapi maka dari itu orang-orang menyebutnya juga sebagai abon sapi.

Mungkin saja sampai kini anda konsumsi abon sapi lewat cara membelinya di swalayan atau di warung samping rumah anda. Tidak adakah hasrat anda untuk sesekali membuat abon sapi sendiri? Langkah membuat abon sapi itu tidak susah seperti yang anda pikirkan lho! Gampang sekali malah kalau boleh dibilang. Nah apabila anda mau bikin abon sapi sendiri dengan rasa yang ditanggung gurih serta buat ketagihan, anda mesti memerhatikan resep membuat abon sapi yang di bawah ini :

Bahan bahan membuat abon sapi :
  • 500 gr daging sapi fresh berwarna merah cerah.
  • 150 ml santan kelapa kental atau anda bisa juga memakai santan kelapa instan yang banyak di jual
  • 1/2 jari lengkuas yang sudah dimemarkan.
  • 1 lembar daun salam
Bumbu bumbu resep abon sapi yang perlu dihaluskan :
  • 1 sdm ketumbar.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 sdm gula merah atau imbuhkan sesuai sama apa yang diinginkan.
  • Garam sekedarnya saja janganlah terlampau asin.

Dan berikut cara membuat abon sapi :

- Masak daging sapi memakai air, masukkan juga daun salam plus lengkuas. Biarlah hingga daging sapi jadi lunak lalu diiris tipis-tipis. Selanjutnya memarkan irisan daging sapi tadi memakai pemukul kayu serta setelah itu daging sapi tadi disuwir kecil kecil.

- Hidupkan api serta selekasnya panasi santan dalam wajan, imbuhkan suwiran daging sapi tadi sekalian juga masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Gunakan api kompor yang kecil saja seraya diaduk selalu hingga suwiran daging dalam wajan jadi kering. Bolak-balik abon sapi dalam wajan agar tidak jadi gosong. Yakinkan abon sapi yang anda buat benar-benar kering agar dapat disimpan kurun waktu lama.

- Sesudah benar betul kering angkat abon dari wajan serta letakkan dahulu dalam wadah yang telah dialasi kertas kering. Tunggulah sampai abon sapi mendingin serta siap untuk dikemas. Anda bisa menyimpannya dalam toples berpenutup atau dapat pula memakai paket plastik rapat.

Hayo,.. sisi mana yang susah. Nyatanya membuat abon sapi itu gampang kan. Apabila anda tengah tidak mempunyai lauk rekan makan nasi, anda tinggal ambillah saja abon sapi buatan anda itu.