Laman

Rabu, 23 September 2015

Resep - Cara Membuat Bakwan Gurih

Tidak tahu ingin masak apa untuk hidangan enjoy bareng keluarga maupun saudara? Saat kumpul bareng keluarga maupun kerabat bakal lebih mengasyikkan jika menyantap gorengan hangat nan nikmat. Satu di antara gorengan lezat serta memiliki nilai gizi pasti lah bakwan dengan berbagai sayuran juga sebagai isi umpamanya wortel, tauge, kol dan buncis. Bakwan adalah gorengan yang terbikin dari sayuran serta tepung terigu serta umum didapati di Indonesia. Di daerah Jawa Barat bakwan diberi nama dengan 'bala-bala'. Bakwan ini sama dengan masakan khas dari Jepang yakni yasai tenpura (tempura isi sayur).

Makanan bakwan sebenarnya bermula dari negeri Cina yang kentara pada kata Bak (?) berarti daging. Arti itu sama juga dengan panganan lain yang memiliki asal sama umpamanya bakpao yakni roti dengan isi daging), bakso yakni bola bola diisi daging, bakmi yaitu mie dengan kandungan daging, bakpia berbentuk kue daging dengan isi kacang hijau serta bacang berbentuk makanan daging cacah. Di saat berjalan perdagangan sekalian asimilasi budaya di Indonesia, resep makanan juga turut berbaur, mengakibatkan berikan dampak pada masakan tradisional saat itu. Penggunaan kata bak terus digunakan meski bakwan tidak lagi dengan isi daging atau udang.
Bakwan yang kerap dijajakan di kaki lima seringkali tidak cukup higenis serta sehat karena menggunakan minyak sisa gunakan berulang-kali serta kerap menggunakan bahan bahan yang tidak cukup bersih. Meski lumayan ribet, tidak ada jeleknya untuk Anda bikin bakwan sendiri untuk keluarga dirumah. Di samping lebih higenis, bakwan bikinan sendiri pasti lebih lezat karena Anda bisa menaikkan sendiri bumbu bumbunya. Pengin tahu bagaimana cara membuat bakwan yang higenis dan sekaligus lezat? Berikut langkah langkah bikin bakwan enak :

1. Tauge serta sayuran lain umpamanya wortel, buncis serta kol dicuci sampai bersih setelah itu diiris irislah kecil.

2. Imbuhkan kocokan telur dalam beragam irisan sayuran tadi, setelah itu aduk hingga rata. Imbuhkan tepung terigu plus tepung tapioka, lalu campur rata hingga membuahkan adonan yang kental.

3. Imbuhkan bumbu bumbu yang telah dihaluskan berbentuk bawang putih, bawang merah, cabai, merica, ketumbar serta sedikit garam pada adonan bakwan tadi. Aduk selalu hingga bumbu tercampur rata. Agar semakin lezat, masukkan sedikit bumbu penyedap rasa.

4. Panasi wajan berbarengan minyak goreng yang banyak. Goreng setiap satu buah bakwan dengan ukuran 3 sdm adonan bakwan. Buat bakwan dalam wajan jadi pipih. Agar bakwan tidak sama-sama menempel, janganlah menggoreng demikian banyak adonan di wajan sekalian.

5. Sesudah bakwan berwarna kecokelatan angkat bakwan dari wajan. Agar masak dengan rata, balik bakwan hingga segi yang satunya juga masak. Untuk menggoreng diperlukan saat seputar 2 menit.

6. Ambillah bakwan dari wajan serta hidangkan bakwa berbarengan cabai fresh, saos sambal atau saos tomat. Selamat nikmati.

Share this: