Resep - Cara Membuat Pempek Asli Palembang

Jika tidak ada niatan keluar rumah, anda bisa mencoba buat pempek sendiri. Tak begitu sulit, lebih-lebih resep pempek berikut ini boleh disesuaikan dengan keinginan. Tingkat pedas atau manisnya cuko juga dapat di buat menurut selera. Pempek adalah hidangan asli Palembang yang di buat dari ikan dan sagu. Pempek dikonsumsi dengan disertai saus cuka atau cuko dalam bhs daerah Palembang. Cuko terbuat dari campuran air dengan gula merah, cabe rawit tumbuk, udang ebi, bawang putih juga garam yang kemudian dimasak hingga mendidih. Cuko dari dulu berasa pedas untuk menambah selera makan. Akan tetapi lambat laun banyak dijumpai cuko berasa manis untuk yang tak suka pedas.
Resep Masakan, resep pempek lenjer,resep pempek adaan,resep pempek pak raden,resep pempek kapal selam,resep pempek kulit,resep cuka pempek,resep pempek pistel,resep pempek lenggang,
Pempek Asli Palembang

Bahan bahan yang digunakan :
  • 1 Cangkir ikan tengiri cincang
  • 1 Cangkir air putih
  • Garam sesuai kebutuhan
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Tepung kanji seperlunya
Bahan untuk saus cuko :
  • 1000 gr gula merah disisir
  • Cabe rawit sesuai keinginan
  • 200 gr bawang putih
  • 3 sendok makan cuka atau air jeruk nipis
  • Garam seperlunya
  • 2 l air


- Aduk dalam satu wadah, daging ikan giling, air dan garam hingga benar-benar tercampur rata dan asinnya pas.

- Masukkan tepung kanji seperlunya sampai adonan gampang diuleni. Tambahan tepung kanji terserah pada kekenyalan yang dikehendaki.

- Adonan siap di buat bentuk menurut keinginan. Untuk membuat pempek kapal selam, ambillah adonan sesuai kebutuhan, buat seperti mangkuk, isikan telur mentah setelah itu tutup rapat telur dengan adonan agar tak bocor.

- Masak menggunakan air hingga mendidih dengan api sedang hingga mengambang. Kemudian ambil dan tiriskan. Membuat pempek lenjer, buat adonan semacam silinder dan masak sampai mengapung selanjutnya angkat dan cemplungkan dalam air dingin. Membuat pempek andaan, ambil adonan seperlunya, masukkan bawang goreng, irisan daun bawang dan telur, aduk-aduk sampai rata. Buat adonan seperti bola-bola kecil serta goreng memakai minyak panas hingga mengambang dan matang.

- Membuat saus cuko, panaskan gula merah dan air seperlunya hingga larut. Lumatkan bawang putih dan cabe rawit lalu masukkan dalam larutan gula. Masak hingga mendidih. Imbuhkan cuka plus garam. Masak menggunakan api kecil lebih kurang 1 jam hingga lumayan kental. Angkat dan saring.

Gunakan ikan tengiri segar dan ambil dagingnya lalu lumatkan hingga serabut putih pada daging terambil. Pada resep pempek ini, takar ikan tengiri halus menggunakan mangkuk. Setelah itu masukkan air beberapa ukuran daging ikan tengiri. Misal, jika 1/2 mangkok daging ikan jadi air yang dipakai 1/2 mangkok juga. Ukuran tepung kanji yang digunakan menurut kadar kekenyalan pempek yang dimaui. Semakin banyak tepung kanji yang digunakan maka pempek yang dihasilkan akan bertambah kenyal. Penyajian pempek boleh dengan atau tanpa mi kuning. Selamat mencoba!