Laman

Rabu, 23 September 2015

Resep - Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas

Tempe yang tipis, lebar, dengan balutan tepung asli Purwokerto ini kelezatannya memanglah bikin ketagihan. Lebih-lebih apabila dikonsumsi dengan cabe rawit maupun dicocol dalam kecap pedas saat masih tetap hangat. Pasti pengin lagi serta lagi. Beberapa orang yang menyukai tempe mendoan ini. Lumrah apabila beberapa pedagang tempe mendoan di beberapa tempat sekarang ini banyak tampak lihat banyak yang sukai.
Resep - Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas
Beritanya camilan ini diberi nama mendoan dari logat Jawa Banyumasan yaitu 'mendo' yang tujuannya separuh masak. Masuk akal juga karena step pemrosesan tempe mendoan setelah dicelup tepung tidak tebal lalu digoreng separuh masak. Apabila terlampau garing serta masak pasti tidak bisa diberi nama tempe mendoan. Tempe mendoan ini biasanya di nikmati pada sore hari jadi camilan. Meski pada tempat aslinya, mendoan jadi jadi pilihan lauk makan siang maupun makan malam. Penjual mendoan umumnya didapati pada tepi jalan atau kaki lima.

Tempe tipis yang memanglah spesial di buat untuk mendoan umumnya dibungkus memakai daun pisang. Saat bakal digoreng, dimasukkan dulu dalam adonan tepung. Adonan tepung itu di buat dari adonan tepung beras, tepung terigu serta potongan daun bawang ditambah bumbu yang dihaluskan yakni bawang putih, ketumbar serta garam. Semuanya diaduk jadi satu. Setelah dibalut adonan tepung, tempe lalu digoreng. Pakai minyak dalam jumlah banyak serta dalam keadaan sangatlah panas dengan demikian mendoan bisa masak rata. Saat adonan tepung tampak beku serta agak masak, mendoan itu mesti cepat di ambil dari wajan. Janganlah kelewat lama karena bakal jadi kecokelatan serta jadi tempe goreng tepung tak akan tempe mendoan.

Biasanya tempe mendoan disajikan dengan alas daun pisang dengan demikian aromanya semakin khas. Tempe mendoan ini umum disajikan beserta cabe rawit. Walau demikian sekarang ini ada pula yang menghidangkannya beserta kecap ditambah rajangan cabe rawit maupun sambel kacang. Paling enak bila dikonsumsi saat masih tetap hangat. Cita terasa gurih, empuk campur pedas. maka dari itu mari kita buat sendiri tempe mendoan gurih serta lezat di bawah ini.

Bahan bahan :
3 ons tempe, potong lebar serta tipis ukuran 10 x 15 cm
2 tangkai daun bawang, rajang kecil
1 ons tepung beras
1 sendok makan tepung terigu
125 cc air
Minyak goreng yang cukup

Bahan bahan bumbu halus :
2 siung bawang putih
1 butir bawang merah
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh bubuk merica
2 sendok teh garam


  • Campur tepung, bumbu halus, irisan daun bawang serta air. Aduk sampai rata.
  • Celup irisan tempe pada adonan tepung.
  • Tempe digoreng memakai minyak panas serta banyak hingga adonan tepung agak masak tetapi tidak hingga kekuningan atau kering. Angkat dari wajan serta tiriskan.
  • Sajikan pada saat panas berbarengan cabe rawit atau sambal kecap rawit.

Share this: