Laman

Rabu, 23 September 2015

Resep - Cara Membuat Uli Ketan

Tak dapat dibantah bahwa termasuk pesona wisata Jakarta adalah makanan asli Betawi. Meski orang Betawi sendiri sudah semakin tergusur lantaran pembangunan perkotaan, namun makanan khas mereka masih tetap bisa didapati di pusat Jakarta. Untuk Anda yang tengah berkunjung ke Jakarta, jangan sempat ketinggalan untuk berwisata kuliner nikmati makanan Betawi. Orang-orang Betawi nampaknya tidak hanya pintar bermain pantun, mereka juga pintar membuat berbagai kuliner yang nikmat menggoyang lidah. Lumrah apabila makanan asli Betawi ini banyak disenangi orang dari bermacam latar belakang. Salah satu makanan khas Betawi itu yaitu uli ketan.
Uli ketan telah di kenal mulai sejak zaman penjajahan Belanda dahulu serta hingga sekarang ini juga ada banyak yang menyukai makanan gurih ini. Uli adalah kudapan yang terbuat dari beras ketan, daun pandan beserta santan kelapa yang lalu dikukus. Uli ketan dibuat dengan diiris irislah setelah dingin. Saat dikonsumsi, uli umumnya ditemani oncom, gula pasir ataupun parutan kelapa yang disangrai. Macam lain dari uli ketan ini adalah tape uli, yaitu uli yang disantap berbarengan tape ketan. Anda pasti tertarik serta mau coba membuatnya sendiri dirumah. Karenanya tersebut disini langkah bikin uli ketan berikut bahan bahan yang dibutuhkan.

Bahan bahan :

1/2 kg beras ketan putih
1 mangkok desiccated coconut (santan kelapa instan bentuk bubuk) atau 1, 5 mangkok kelapa parut
Garam sesuai sama kebutuhan


  • Beras ketan dicuci sampai bersih serta lalu di rendam memakai air bersih sepanjang 6 jam.
  • Liwet atau kukus beras ketan sampai masak.
  • Apabila menggunakan desiccated coconut, rendam kelapa memakai air panas sekedarnya hingga kelapa basah lagi. Kukus lebih kurang 1/4 jam.
  • Letakkan ketan pada saat panas ke baskom besar. Taburkan kelapa serta garam serta aduk-aduk supaya rata.
  • Tumbuk saat panas memakai ulekan yang dibalut kantung plastik agar tidak lengket. Tumbuk hingga agak lembut. Jika mau struktur uli ketan yang lembut jadi lanjutkan menumbuk hingga benar benar halus menurut hasrat.
  • Siapkan daun pisang atau plastik. Potong uli ketan jadi 5 sisi, lalu bungkus. Tunggulah hingga uli dingin.
  • Ketan uli siap disantap atau dapat pula digoreng baru disantap. Apabila ketan uli telah keras jadi dapat di buat uli bakar. Irislah irislah menurut selera lalu dibakar diatas bara api. Dikonsumsi berbarengan sambal oncom maupun disiram sirup gula Jawa.
  • Perlu diingat jika membuat uli ketan dari beras ketan hitam jadi saat membersihkan beras sebaiknya digosok gosok dengan ke-2 telapak tangan agar kulit ari beras ketan menipis. Saat untuk merendam juga lebih lama. Tunggulah apa lagi segera siapkan bahan bahannya serta mulai memasak berbarengan keluarga.

Share this: