Resep - Cara Membuat Brownies Kukus Mudah

Brownies merupakan kue asal Amerika yang pertama kali ada tahun 1897. Tersebutlah seorang koki tengah membuat cake cokelat, akan tetapi ia lupa menambahkan Baking Powder akibatnya dihasilkan cake bantat akan tetapi enak rasanya. Peristiwa itu malah menghasilkan jenis cake baru yang populer sampai saat ini. Istilah brownies dipakai karena warna cokelat (brown) begitu dominan pada cake itu. Tambahan bahannya pun memakai aneka coklat contohnya bittersweet chocolate, cokelat pasta ataupun coklat bubuk. Pada perkembangannya tercipta berbagai kreasi dan rasa yang berbagai macam dengan tampilan yang cantik mengundang selera. Meski tidak keluar dari karakteristik asli brownies yang kental rasa coklatnya. Ada yang memberi topping di atasnya sejenis Chocolate ganache, krim keju, marshmallow, chocolate chip ataupun taburan kacang.
Resep Kue, resep brownies kukus amanda, resep brownies panggang kartika sari, resep brownies panggang amanda, resep brownies keju panggang, resep brownies keju, resep rainbow cake, resep brownies kukus,
Resep - Cara Membuat Brownies Kukus Mudah
Di Indonesia pertama kali yang populer adalah Brownies panggang yang dipanggang memakai oven. Walau demikian beberapa tahun belakangan ini ada varian Brownies baru yang demikian favorite yaitu Brownies kukus yang memiliki tekstur lembut. Brownies kukus juga ada berbagai macam mulai dari warnanya yang tidak terus-terusan cokelat tapi ada brownies kukus hijau, kuning maupun bentuk yang tidak hanya persegi tapi ada yang serupa cake roll.

Bahan bahan yang diperlukan :

450 g cokelat masak pekat
450 g mentega tawar
1 sendok teh garam
8 butir telur
375 gr gula pasir putih
300 ml susu cair
300 g tepung terigu
1 1/2 sendok teh baking powder
100 g cokelat bubuk

Bahan untuk lapisan cokelat :

350 g cokelat masak pekat
175 ml krim kental
Ke-2 bahan tadi setelah itu ditim sampai meleleh.


  • Sediakan dua buah loyang kotak dengan ukuran 15 x 30 x 3 cm yang telah diolesi mentega dan diberi taburan sedikit terigu.
  • Campurkan cokelat dengan mentega. Ditim sampai keduanya meleleh.Tambahkan 1 sdt garam dan aduk hingga merata.
  • Kocok telur beserta gula pasir memakai mixer sampai mengembang. Tambahkan cokelat leleh sehingga susu sembari diaduk terus hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu sedikit sedikit sembari diaduk lipat memakai spatula karet sampai merata. Masukkan adonan ke loyang dan ratakan.
  • Tempatkan loyang berisi adonan brownies tadi ke dalam loyang yang berukuran lebih besar. Masukkan air mendidih sampai separo tinggi loyang brownies.
  • Panggang pada oven panas dengan temperatur 180° C sampai matang kurang lebih setengah jam. Ambil dari oven.
  • Sesudah Brownies agak dingin, ambil dari loyang. Olesi dengan lapisan cokelat pada sisi atas Brownies sambil diratakan. Lapisi dengan Brownies yang kedua seraya ditekan supaya melekat.
  • Potong Brownies sesuai keinginan dan siap disajikan.
Walaupun  ada istilah kukus, cara yang dipakai ialah panggang. Cara ini menggunakan cara au bain marie yang bertujuan menciptakan Brownies yang lebih lembab dari Brownies panggang kebanyakan. Selamat Mencoba !