Laman

Senin, 12 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Cendol Nikmat Dan Segar

Siapa yang tidak menyukai es cendol yang enak dan menyegarkan. Es cendol merupakan minuman khas dari Indonesia yang berasal dari tepung beras dan disajikan bersama es parut plus gula merah cair dan santan. Citarasa minuman ini manis juga gurih. Di wilayah Sunda minuman dingin ini populer dengan sebutan cendol sementara di daerah Jawa Tengah populer dengan sebutan es dawet. Menurut sejarahnya arti cendol di perkirakan berawal dari kata jendol, yang didapati dalam bhs Sunda, Jawa Tengah ataupun Indonesia yang merujuk pada sensasi jendol yang dirasakan kala butiran cendol melewati tenggorokan disaat minum es cendol.
Resep Minuman, resep cendol kenyal, resep cendol hunkwe, resep cendol ncc, resep cendol tepung beras, resep cendol tepung kanji, resep cendol sagu, resep cendol coklat, resep cendol tapioka,
Resep - Cara Membuat Cendol Nikmat Dan Segar
Tepung beras sebagai bahan pokok cendol diolah memakai pewarna hijau dan di buat melewati saringan tersendiri yang menghasilkan bentuk bulir. Pewarna cendol yang dipakai semula merupakan pewarna alami berasal dari daun pandan, walau demikian saat ini telah digunakan pewarna makanan sintetis. Di daerah Sunda, cendol di proses dengan mengayak tepung beras yang sebelumnya telah dikukus dan diwarnai memakai daun suji. Hasilnya diperoleh tampilan bulat lonjong dengan ujung lancip. Masih di wilayah Sunda, aktifitas minum cendol dinamakan dengan 'nyendol'.

Minuman khas yang nikmat ini biasanya disajikan menjadi minuman pencuci mulut atau menjadi hidangan selingan. Cocok bila disajikan pada siang hari yang terik. Cara membuat cendol gampang dan tidak butuh waktu lama sekaligus juga bahan bahannya gampang didapat. Ayo.. Hidangkan minuman menyegarkan ini untuk menghilangkan haus anda dan keluarga.

Bahan bahan yang diperlukan :

150 g tepung beras
45 g tepung sagu
900 ml air
75 ml air suji yang di buat dari 3 lembar daun pandan dan 45 lembar daun suji.
1, 5 sdt garam
4 tetes pewarna makanan hijau gelap

Bahan untuk sirup :

375 g gula merah yang sudah disisir halus
400 ml air
3 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
5 buah nangka, diiris kecil

Bahan untuk kuah :

750 ml santan dari 3/4 butir kelapa
1 sdt garam
3 lembar daun pandan
Es serut secukupnya 


  • Untuk membuat cendol, buat adonan dari campuran tepung beras, tepung sagu, air, air suji, garam serta pewarna makanan hijau gelap. Rebus seraya diaduk hingga mendidih dan mengental. Siramkan pada cetakan cendol yang telah ditempatkan di atas baskom besar dengan air es. Tekan tekan adonan cendol tadi hingga adonan cendol keluar dari saringan. Tempatkan dalam wadah tersendiri.
  • Untuk membuat sirup, masak gula merah, air, daun pandan, garam plus nangka menggunakan api kecil hingga mendidih dan mengental.
  • Untuk membuat kuah santan, masak semua bahan kuah santan sembari diaduk-aduk hingga mendidih.
  • Cendol siap dihidangkan bersama sirup, kuah santan dan tambahan es serut. Resep di atas dapat dibuat untuk 10 porsi.

Share this: