Resep - Cara Membuat Cilok Yang Sedap

Makanan yang satu ini memiliki nama yang lucu, cilok. Ternyata cilok yaitu singkatan dari aci dicolok. Cilok adalah makanan khas dari daerah Jawa Barat yang di buat dari tepung kanji yang di daerah sunda disebut dengan aci. Cilok memiliki tekstur yang kenyal dengan bumbu pelengkap contohnya sambal kacang, kecap maupun saus pedas. Cilok memiliki bentuk bulat seperti bakso hanya berbeda bahan pokoknya. Tersedia cilok dengan isi telur maupun daging cincang. Dikarenakan berasal berbahan dasar tepung kanji oleh sebab itu cilok jika disantap berasa kenyal.

Resep Makanan, resep cilok sederhana,resep cilok empuk,resep cilok yang enak,resep cilok daging sapi,resep cilok ikan,resep cilok daging,resep bikin cilok,resep cilok kenyal,
Resep - Cara Membuat Cilok Yang Sedap
Tidak hanya disukai oleh anak anak kecil, saat ini hampir setiap orang menggemari makanan cilok, termasuk kelompok mahasiswa ataupun orangtua. Tak sebatas jadi camilan yang nikmat, Cilok juga dapat menjadi salah satu peluang usaha. Biasanya penjual cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah serta biasanya berdagang di lokasi strategis contohnya di halaman sekolah, universitas ataupun pabrik. Untuk membuat cilok anda mesti tahu bahan serta caranya. Simak bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya di bawah ini :

Bahan-bahan :

300 g tepung kanji
300 g tepung terigu
3 butir bawang putih yang telah dilumatkan
2 sdt kaldu serbuk
1/2 sdt bubuk merica
3 tangkai daun bawang yang dirajang kecil kecil
1/2 liter air atau lebih hingga adonan cilok mudah dibuat
1, 5 sdt garam
Air untuk merebus cilok

Bahan bahan untuk saus kacang :

200 g kacang tanah goreng yang telah ditumbuk halus.
1, 5 sdt gula pasir.
1, 5 sdt cuka.
Garam secukupnya.
Air secukupnya.


  • Campur tepung kanji dan tepung terigu untuk kemudian diayak. Masukkan daun bawang plus bawang putih dan campur sampai merata.
  • Masak air kurang lebih 1/2 liter dan masukkan garam, bubuk merica plus kaldu serbuk instan. Rebus sampai mendidih. Tambahkan air panas tadi ke dalam adonan tepung sedikit sedikit sembari terus diuleni sampai merata dan adonan menjadi kalis.
  • Buat bulatan dari adonan tersebut, kerjakan hingga adonan habis.
  • Panaskan air sampai mendidih, masukkan cilok ke dalamnya. Cilok yang telah matang ditandai dengan cilok yang mengapung. Ambil cilok yang mengapung tadi dan kukus sampai matang serta empuk.
Cara membuat saus kacang :
  • Campurkan tumbukan kacang tanah bersama gula pasir, cuka, garam dan air. Aduk sampai bahan tercampur merata.
  • Masak beberapa saat sampai mendidih dan kental.
  • Bila suka pedas, tambahkan sedikit cabai yang telah ditumbuk halus.
Sekarang cilok siap dihidangkan panas bersama saus kacang atau saus tomat. Selamat membuat cilok yang sedap untuk keluarga anda ya!

Bagaimana ? Mudah bukan cara membuat cilok seperti yang dijelaskan pada resep diatas. Anda harus mencoba !