Laman

Jumat, 09 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Dendeng Sapi Balado

Dendeng adalah daging yang diiris tipis sebagai serpihan dimana lemaknya dibuang, menggunakan bumbu saus asam, asin maupun manis dan dikeringkan memakai api kecil, di buat asin atau pun dijemur. Hasilnya berbentuk daging asin agak manis dan tidak usah ditempatkan di kulkas. Dendeng adalah salah satu cara mengawetkan makanan. Resep pembuatan dendeng biasanya memakai satu jenis daging yaitu daging sapi. Walau demikian dendeng juga dapat di proses memakai daging jenis lain contohnya daging kambing maupun daging babi. Bisa juga dendeng di proses dari binatang hasil buruan contohnya moose, venison, caribou, atau rusa. Saat ini malah ada juga dendeng yang terbuat dari daging burung onta, ayam kalkun, ikan salem, daging buaya maupun daging ikan tuna. Daging sebagai bahan dendeng harus dikeringkan dengan segera guna memperlambat perubahan bakteri saat itu juga. Karena itu daging bahan dendeng harus diiris tipis, atau pun ditekan tekan sampai tipis. 

Resep Daging, resep dendeng balado batokok, resep dendeng balado basah, resep dendeng balado renyah, resep dendeng balado kering, resep dendeng balado enak, keluarga nugraha, resep dendeng balado ncc, lambok,
Resep - Cara Membuat Dendeng Sapi Balado
Ada satu jenis dendeng yang populer dari daerah Minangkabau yakni dendeng batokok. Dendeng batokok nyaris mirip dendeng balado bedanya ialah bumbu dendeng batokok tidak memakai cabe merah, akan tetapi memakai cabe hijau yang dirajang kasar dan daging sapi sesudah dipotong tipis melebar lalu dipukul pukul memakai batu cobek supaya daging jadi lunak.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

500 g daging paha sapi utuh
Air secukupnya untuk merebus
1 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu untuk merendam :

150 cc air
3 butir bawang putih yang telah dihaluskan
3 butir jeruk nipis di ambil sarinya
1/2 sendok makan bubuk merica
1/4 sendok makan garam

Bahan untuk balado :

6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 cabai merah besar
100 gr tomat merah
50 cc minyak goreng untuk menumis
1/2 sendok teh bubuk merica
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh cuka masak 


  • Masak daging sapi menggunakan air dan ditambahkan garam memakai api kecil sampai agak matang. Ambil dan tiriskan. Sisakan 100 cc air rebusan itu untuk menumis.
  • Potong daging sapi dengan tebal 1 cm. Memarkan. Campurkan beserta bumbu untuk merendam. Tunggu sampai bumbu meresap sekitar 30 menit.
  • Panaskan minyak goreng dan goreng daging menggunakan minyak yang banyak dan panas sampai daging benar benar kering. Ambil dari wajan dan tiriskan.
Untuk membuat balado, pertama tumbuk kasar bawang putih, bawang merah, cabe merah serta tomat. Tumis bumbu kasar tadi beserta bubuk merica, gula, garam sekaligus cuka sampai matang dan wangi. Ambil.
  • Siapkan piring saji untuk menghidangkan dendeng sapi balado. Tuang dendeng sapi menggunakan saus balado. Dendeng sapi balado siap disantap. Resep di atas untuk 3 porsi.

Share this: