Resep - Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam

Menurut catatan sejarah makanan pempek atau empek empek telah di kenal di Palembang sejak imigran China yaitu lebih kurang abad 16 saat Sultan Mahmud Badarudin II bertahta. Istilah empek-empek alias pempek dipercaya bermula dari julukan 'apek', yaitu nama untuk laki-laki tua Cina. Menurut mitos rakyat, lebih kurang tahun 1617 seorang 'apek' berusia 65 thn. yang bermukim di area pinggir Sungai Musi sedih melihat tangkapan ikan melimpah di Sungai Musi. Hasil ikan itu tak seluruhnya dipakai, hanya digoreng maupun di buat pindang. Si Apek lalu menjajal cara pemrosesan ikan yang lain. Dia mencampurkan daging ikan giling bersama tepung tapioka dan diperoleh makanan baru. Makanan baru itu di jual apek memakai sepeda berkeliling kota. Karena pedagangnya biasa disapa " pek … apek ", hingga makanan itu kemudian popular dengan empek empek atau pempek.

Resep Makanan, resep adonan pempek kapal selam, resep adonan dasar pempek, resep pempek lenjer, resep empek empek lenjer, resep empek empek adaan, resep pempek kapal selam pempek isi telor,
Resep - Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam

Pada awalnya empek empek dibikin dari ikan belida. Walau demikian dengan semakin jarang dan mahalnya ikan belida, maka kemudian diganti menggunakan ikan gabus yang lebih murah, tapi citarasanya tetap gurih. Perkembangan berikutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lain misalnya ikan toman, ikan bujuk dan ikan putak. Digunakan juga jenis ikan laut contohnya kakap merah, tenggiri, ekor kuning, parang-parang maupun ikan sebelah.

Bahan bahan :

250 g daging ikan yang telah digiling
1/2 sendok makan penyedap rasa
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan garam
125 cc air
250 g tepung sagu
5 butir telur

Bahan bahan untuk cuko :

125 g gula merah yang di rebus dengan 300 cc air dan disaring.
1/2 sendok makan garam
1/4 sendok makan penyedap rasa masakan
1/4 sendok makan bawang putih di tumbuk halus
1/2 sendok makan cabe rawit yang telah dihaluskan
1/2 sendok makan cabe merah dihaluskan
1 sendok makan cuka
1/2 sendok makan ebi ditumbuk lalu disangrai


  • Tambahkan daging ikan dengan air sedikit sedikit sembari diuleni sampai merata. Masukkan gula pasir, garam dan penyedap rasa, campur sampai rata. Tambahkan sagu uleni lagi hingga rata.
  • Timbanglah adonan untuk satu pempek adalah 50 g. Ambil satu dan lubangi tengahnya kemudian tambahkan sebutir telur ayam di dalamnya, rapatkan adonan sehingga telur tak terlihat.
  • Masukkan empek empek ke air mendidih, rebus hingga matang. Ambil dan ditiriskan.
  • Goreng empek empek tadi sampai kekuningan lalu iris iris dan sajikan bersama mie, irisan mentimun dan kuah cuko.
  • Cara membuat cuko, campurkan cabe rawit, cabe merah halus, bawang putih halus dan cuka. Biarkan selama 30 menit. Masukkan larutan gula merah, penyedap rasa dan garam. Cuko siap disiramkan pada empek empek.