Resep - Cara Membuat Es Cream yang Nikmat

Kalau biasanya anda membeli es cream di swalayan, kenapa anda tidak mencoba membuat es cream sendiri dirumah yang nyatanya gampang dan lebih murah tentunya. Es cream pada prinsipnya tidak begitu susah membuat sendiri karena bahan bahannya dapat diperoleh secara gampang. Di bawah ini akan dijelaskan cara membuat es cream yang mudah dipraktekkan sendiri dirumah.

Resep Minuman, cara membuat es cream manual, cara membuat ice cream sendiri, cara membuat es cream sederhana, es cream durian, es cream ubi ungu, es cream goreng, es cream tradisional, es cream walls,
Resep - Cara Membuat Es Cream

Bahan bahan yang diperlukan :
  • 1/2 l cream atau kepala susu
  • 150 cc susu cair, kalau tidak ada anda bisa memakai santan kelapa.
  • 4 butir telur
  • 100 gr gula halus
  • 1 sdt vanili
  • 1 buah alpukat di ambil dagingnya
Peralatan masak yang diperlukan :
  • Blender
  • Kulkas untuk membekukan es cream
  • Panci ukuran kecil
  • Tempat es cream
  • Kompor


- Untuk adonan pertama : Daging alpukat diblender selanjutnya masukkan dalam panci. Tambahkan cream dan susu cair atau santan kelapa. Panaskan menggunakan api kecil sembari terus diaduk aduk. Apabila telah panas dengan ditandai keluarnya gelembung udara kemudian matikan api.
Sebagai catatan cream atau kepala susu merupakan bagian susu yang kental yang memiliki kandungan lemak kurang lebih 18 sampai 48 persen. Pada cream yang mempunyai komposisi lemak tinggi 30 persen lebih jika di-mixer akan jadi keras layaknya es cream dengan rasa gurih. Umumnya cream digunakan memperkuat rasa gurih di beberapa masakan, beraneka cake, minuman ataupun dessert. Dapat digunakan menjadi campuran, olesan, topping maupun hiasan. Banyak dijual di swalayan yang biasanya dipajang di freezer toko swalayan itu.

- Untuk adonan kedua : Campurkan jadi satu telur, gula halus dan vanilli dalam satu wadah untuk kemudian diblender atau dikocok kuat. Setelah agak mengmbang tambahkan dalam panci yang berisi adonan pertama tadi.

- Selanjutnya dipanaskan kembali seraya diaduk aduk sampai menjadi kental. Sesudah mengental, tuang dalam tempat es cream boleh rantang atau semacamnya. Simpan dalam lemari es selama 3 hingga 4 jam. Sesudah itu dipindah dalam freezer, tiap-tiap satu jam sekali diaduk aduk, agar tak mengkristal. Sesudah 3 sampai 4 kali diaduk aduk, es cream sudah siap untuk disajikan. Kalau es krim yang sudah jadi kelewat keras, ada baiknya dibiarkan selama 10 menit pada suhu ruangan ketika akan dihidangkan.

Es cream sangat pas jika disajikan bersama kue kering atau semacamnya. Namun ingat terutama bagi anda yang sedang menjalankan program diet mengecilkan badan, jangan berlebihan mengkonsumsi es cream ini. Ingat es cream sangat kaya akan kandungan lemaknya. Bila berlebihan ditanggung program dietg anda akan gagal. Pasti anda sudah tak sabar untuk membuatnya sendiri di dapur. Tunggu apalagi, segera siapkan bahan bahannya dan ikuti langkah langkahnya seperti di atas.