Laman

Kamis, 08 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Ikan Asin

Ikan asin adalah bahan makanan yang di produksi dari ikan yang diawetkan dengan garam. Memakai cara pengawetan itu ikan yang seringkali cepat busuk bisa ditempatkan pada temperatur kamar dalam waktu lama. Di samping itu ikan asin bakal awet serta terhindar dari kerusakan disebabkan serangan lalat, serangga, ulat ataupun beberapa mikroorganisme merugikan yang lain. Bahan baku untuk ikan asin dapat berasal dari berbagai macam jenis ikan seperti : tongkol, tengiri, manyung, kakap, kembung, petek serta teri.
Resep Makanan, ikan asin jambal, resep ikan asin, nasi goreng ikan asin, ikan asin untuk ibu hamil, ikan asin gabus, ikan asin jambal roti, ikan asin goreng tepung, ikan asin asam manis,
Resep - Cara Membuat Ikan Asin
Bahan baku ikan dengan ukuran besar harus dibersihkan dahulu sisik, insang, isi perut serta diiris sepanjang punggung hingga perut tapi tidak sampai terpotong dua. Jika dipakai ikan ukuran sedang bisa dibelah maupun tidak. Mengenai ikan ukuran kecil cukup dibasuh memakai air bersih saja. Ikan yang melalui prosedur penggaraman jadi tahan lama karena garam dapat mencegah bahkan juga membunuh bakteri penyebab pembusukan ikan, sehingga, kemurnian garam akan menentukan. Garam yang dipakai adalah garam dapur (NaCl) murni, pengertiannya garam mempunyai kandungan NaCl dalam jumlah banyak dan hanya sedikit mengandung unsur lain.

  • Ikan dicuci bersih agar bebas dari kotoran.
  • Siapkan garam kristal menurut bobot ikan. Ikan dengan ukuran besar, kebutuhan garam kira-kira 20 hingga 30 % bobot ikan. Ikan dengan ukuran sedang 15 – 20 % sementara ikan dengan ukuran kecil 5 %.
  • Tebarkan garam dalam wadah atau bak dengan tebal 1 – 5 cm, terpulang dari ikan yang akan diasinkan. Susunan garam itu bermanfaat menjadi dasar di saat penggaraman.
  • Susunlah ikan diatas susunan garam itu dengan aturan perut ikan menghadap bawah. Setelah itu tebarkan lagi garam. Lakukan penataan ikan plus garam dengan berlapis sampai susunan paling atas merupakan susunan yang memiliki susunan tebal.
  • Tutup tumpukan ikan dan garam itu menggunakan anyaman bambu dan tambahkan pemberat di atasnya.
  • Diamkan dalam beberapa hari. Pada ikan dengan ukuran besar dalam 2-3 hari, ikan dengan ukuran sedang dan ikan kecil dalam 12 hingga 24 jam.
  • Setelah itu cuci menggunakan air bersih dan tiriskan, Susunlah ikan diatas para-para untuk dijemur.
  • Di saat menjemur ikan sesekali di balik biar cepat kering.
  • Cara membuat ikan asin memakai cara penggaraman basah
  • Siapkan larutan garam jenuh yang memiliki kandungan 30 sampai 50 %. Ikan yang telah dibersihkan ditata dalam wadah kedap air, setelah itu masukkan larutan garam seperlunya hingga seluruhnya ikan terendam serta tambahkan pemberat agar tidak mengapung. Saat perendaman 1 sampai 2 hari menurut ukuran atau tebal ikan dan tingkat keasinan yang dikehendaki. Setelah itu ikan dicuci memakai air bersih. Susunlah ikan diatas para-para untuk dijemur.

Share this: