Resep - Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Kunyit lebih popular menjadi bumbu dapur serta pewarna alami makanan. Tetapi terbukti tanaman yang termasuk famili Zingiberaceae ini juga mempunyai manfaat dalam mengatasi masalah pada badan. Rimpang kunyit memiliki senyawa aktif curcumin yang bermanfaat membuat sehat organ pada badan. Kunyit asam adalah salah satu jenis ramuan alami dari kunyit yang dipercaya dari dahulu dalam menyelesaikan berbagai keluhan kalangan wanita. Di samping diakui bisa menjaga tubuh tetap ramping, kunyit asam juga dapat menyelesaikan masalah menstruasi. Manfaat lain kunyit asam adalah membantu meminimalisir bau tubuh tidak enak.
Resep Minuman, jamu kunyit asam untuk ibu menyusui, jamu kunyit asam sirih, jamu kunyit asam resep, jamu kunyit asam sidomuncul, jamu kunyit asam untuk ibu hamil, jamu kunyit asam manfaat,
Resep - Cara Membuat Jamu Kunyit Asam
Satu penelitian kembali mendapatkan khasiat kunyit yaitu membantu menangkal terjadinya infeksi baru dengan cara meningkatkan mekanisme imunitas tubuh. Sejumlah peneliti mengklaim bahwa unsur yang terdapat pada kunyit bisa memperbesar konsentrasi cathelicidin antimikroba peptida atau disingkat CAMP protein yang mengakomodasi sistem kekebalan tubuh menghadapi bermacam serangan bakteri, virus maupun jamur. Riset sebelumnya mendapatkan bukti bahwa vitamin D pun bisa memperbesar konsentrasi CAMP protein. Akan tetapi bedanya, konsentrasi tinggi vitamin D pada tubuh dapat jadi racun dan bisa mengakibatkan lebih banyak kadar kalsium dilepaskan dalam darah akibatnya terjadi hypercalcaemia.

Riset laboratorium membuktikan bahwa curcumin dalam kunyit mempunyai kapasitas hampir 3 kali lipat meningkatkan kandungan CAMP dalam sel manusia. Curcumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit, rata-rata dikonsumsi pada makanan dengan kadar yang cuma sedikit. Dengan konsumsi rutin dari waktu ke waktu seseorang dapat jadi lebih sehat dan berperan dalam memproteksi tubuh pada serangan infeksi, lebih-lebih dalam lambung maupun usus.

Senyawa curcumin juga di kenal memiliki efek antiradang dan antioksidan serta saat ini juga tengah di teliti oleh beberapa pakar di Inggris menjadi suatu zat yang ampuh melawan munculnya kanker. Beberapa ilmuwan itu mengharapkan senyawa curcumin dapat memperbesar potensi kesuksesan kemoterapi serta meminimalkan efek samping. Dari hasil riset, curcumin memiliki 100 cara lebih dalam menghancurkan sel kanke terlebih sel kanker pada usus besar. Salah satu cara kerja utama yang memberi dampak pada cara kerja curcumin yakni mereka tumbuh pada pembuluh darah.

Anda juga pasti mau memperoleh manfaat dari kunyit ini kan? Anda bisa membuat minuman kunyit asam yang nikmat. Berikut adalah panduan dari Profesor Hembing Wijayakusuma seperti yang diterangkan pada buku karangannya " Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit " :

Bahan bahan yang dibutuhkan :
40 gr kunyit yang dirajang tipis tipis
Asam jawa seperlunya
Gula aren sesuai kebutuhan
Es batu sesuai keperluan


  • Kunyit dicuci bersih untuk kemudian dirajang tipis tipis, dan direbus menggunakan 1,2 liter air. Masukkan asam jawa dan ditambah gula aren sesuai kebutuhan. Rebus sampai hanya menyisakan 400 ml ramuan.
  • Ramuan kunyit asam kemudian disaring dan dinginkan.
  • Untuk penyajian jamu kunyit asam akan lebih nikmat dengan tambahan es batu agar dingin.