Resep - Cara Membuat Kue Bolu

Kue bolu yang dalam bhs Inggris disebut dengan cake adalah kue dengan bahan utama tepung terigu, gula dan telur. Kue bolu umumnya dipanggang memakai oven, meski ada juga kue bolu yang di buat dengan dikukus seperti bolu kukus maupun brownies kukus. Kue bolu dengan lapisan terbuat dari krim mentega, fondant ataupun marchpane dinamakan dengan kue tart.
resep kue bolu sederhana,resep kue bolu cake,resep kue bolu karamel,resep kue bolu kukus,resep kue bolu tape,resep kue bolu pisang,resep kue bolu gulung,resep kue bolu pandan,
Resep - Cara Membuat Kue Bolu
Cake dengan ukuran besar yang memiliki bentuk sisi empat ataupun bentuk bundar bertujuan agar bisa diiris-iris waktu di jual ataupun saat dihidangkan. Kue bolu yang di buat dengan cara digulung dan mempunyai isi krim mentega ataupun selai dinamakan dengan bolu gulung. Sebagian macam puding pun memakai bahan basic irisan kue bolu yang ditempatkan pada loyang sebelum dituangi agar-agar. Meskipun tampaknya sulit untuk membuat kue bolu ini, dengan usaha lebih anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Berikut adalah cara membuat kue bolu vanilla lapis cokelat yang lezat.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

1 bahan lengkap resep vanilla cake

Bahan untuk membuat fla I :

300 cc susu cair
45 gr tepung maizena
50 gr gula pasir
2 butir telur dipakai kuningnya saja
2 tetes pewarna makanan kuning

Bahan untuk membuat fla II :

300 cc susu cair
45 gr tepung maizena
50 gr gula pasir
20 gr bubuk cokelat
3/4 sendok makan pasta cokelat

Bahan untuk hiasan :

120 gr buttercream
250 gr bittersweet chocolate 


Cara membuat kue bolu :

- Masukkan adonan vanilla cake dalam 2 loyang bentuk bulat ukuran 22 cm dengan tinggi 3 cm yang sebelumnya telah diolesi margarin dan diberi alas kertas roti.

- Adonan dianggang 25 menit bersuhu 180 derajat Celsius. Sisihkan agar dingin.

- Membuat fla I, campur jadi satu susu cair, gula pasir, tepung maizena dan pewarna makanan kuning, panaskan sembari diaduk sampai beruap. Ambil sedikit adonan tadi dan campurkan dengan kuning telur, kocok rata kemudian tuangkan lagi ke dalam adonan, panaskan lagi sampai meletup-letup kemudian Angkat.

- Membuat fla II, lakukan seperti membuat fla I, sesudah lumayan dingin isikan dalam plastik segitiga, gunting dengan garis tengah 2 cm.

- Tempatkan satu kue dalam loyang bulat ukuran 20 cm, semprot dengan adonan fla cokelat mengelilingi tepi luar cake, sebelah dalam semprot dengan fla vanilla. Kerjakan sampai pada sisi tengah cake, selanjutnya tutup menggunakan selembar cake lagi, tekan pelan-pelan supaya kue melekat. Simpan dalam kulkas untuk 30 menit.

- Olesi seluruh permukaan kue menggunakan buttercream tipis saja, selanjutnya tuangkan dengan bittersweet chocolate yang telah dilumerkan. Hiasi kue sesuai keinginan kemudian kue siap disajikan.