Resep - Cara Membuat Laksa Bogor

Laksa termasuk juga sejenis mi yang ditambahkan bumbu dari kebudayaan peranakan dan digabungkan dengan unsur Tionghoa Melayu. Terdapat banyak jenis Laksa dan yang paling populer adalah Laksa Penang. Dengan mi berbentuk bulat putih agak tebal. Di Indonesia juga ditemukan berbagai laksa contohnya yaitu Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Arti Laksa diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti banyak, menunjukkan bahwa Laksa di proses memakai bermacam bumbu.

asinan betawi resep,resep asinan buah bogor,resep masakan laksa betawi,resep laksa betawi asli,resep laksa betawi,resep asinan bogor gedung dalam,resep asinan buah betawi,
Resep - Cara Membuat Laksa Bogor

Kesempatan ini kita akan membahas tentang Laksa Bogor. Laksa Bogor ini memiliki keunikan yakni kombinasi oncomnya. Laksa Bogor tidak menggunakan mi untuk campurannya namun menggunakan lontong atau ketupat dan bihun. Juga dilengkapi tauge plus daun kemangi segar. Kadang ada pula yang memberikan irisan telur rebus ke dalam kuah Laksa. Kuah Laksa Bogor sangat khas memakai gabungan santan kelapa nan gurih. Sangat lezat.

Laksa sangatlah pas dimakan di sore hari, lebih-lebih saat sedang hujan. Karena cita rasanya enak, hangat dan benar-benar menyegarkan. Tetapi saat ini Laksa Bogor mulai sulit didapati. Mungkin daerah yang masih ada penjual Laksa Bogor ya di kota asalnya Bogor. Anda juga bisa membuat sendiri Laksa Bogor ini memakai resep dan cara membuat Laksa Bogor berikut ini :

Bahan bahan yang dibutuhkan :

2, 5 sendok makan minyak goreng
2 helai daun salam
1 tangkai serai, gunakan yang bagian batang putihnya lalu dimemarkan
1/2 kg daging ayam kampung dibagi jadi 4 bagian
1, 5 liter santan
150 gr oncom merah dibakar dan lalu dilumatkan

Bahan bumbu yang dihaluskan :

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
2 sendok teh ketumbar disangrai
3 butir kemiri digoreng
2 ruas jari kunyit dibakar
1 sendok teh bubuk merica
2, 5 sendok teh garam

Bahan bahan tambahan :

150 gr bihun yang dimasukkan dalam air panas hingga empuk lalu ditiriskan
150 gr taoge dibersihkan, diblansir dan lalu ditiriskan
3 butir telur rebus, dikupas, iris membujur jadi 8 bagian
5 batang daun kemangi
Bawang goreng sebagai taburan

Bahan bahan untuk sambal cuka digabung jadi satu :

5 buah cabe merah di rebus dan dihaluskan
5 buah cabe rawit merah di rebus dan dihaluskan
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh cuka masak
100 cc air matang



- Tumis bumbu halus, daun salam plus batang serai sampai wangi. Masukkan daging ayam dan santan kemudian aduk hingga rata. Rebus sampai mendidih dan daging ayam menjadi empuk. Tiriskan daging ayam dan suwir suwir.

- Masukkan oncom pada kuah santan, aduk sampai rata. Sisihkan.

- Masukkan bihun, taoge dan irisan telur dalam mangkuk. Masukkan kuah Laksa dan suwiran ayam. Tambahkan daun kemangi dan taburan bawang goreng.

- Hidangkan panas panas bersama sambal cuka.