Resep - Cara Membuat Mie Telor

Mie merupakan makanan yang banyak dikonsumsi rakyat Indonesia. Pengertian mie sendiri adalah bahan makanan yang di produksi dari tepung gandum dengan atau tanpa ada tambahan bahan lain. Tepung terigu adalah bahan baku pemrosesan mie. Tepung terigu sendiri diperoleh dari hasil gilingan biji gandum. Tepung terigu berguna membuat bentuk mie, sumber nutrisi berupa karbohidrat serta protein. Komposisi protein utama tepung terigu pada produksi mie adalah gluten. Gluten bisa diperoleh dari gliadin dan glutenin. Kandungan Protein pada tepung terigu dalam pemrosesan mie harus dengan kandungan yang cukup besar supaya mie jadi kenyal dan tidak mudah putus saat proses produksi.
resep mie telor goreng,resep mie telor kuah,resep mie telor rebus,resep mie telor kornet,resep mie goreng telor,resep membuat mie telor,resep martabak mie telor,
Resep - Cara Membuat Mie Telor

Bahan bahan lain yang dipakai dalam pembuatan mi diantaranya adalah air, garam, bahan pengembang, pewarna, telur dan bumbu. Air berperan menjadi sarana reaksi kimia antara gluten dan karbohidrat, melarutkan garam, dan mengenyalkan gluten. Zat pati dan gluten bakal mengembang dengan hadirnya air. Air yang dipakai hendaknya mempunyai tingkat keasaman 6 sampai 9. Hal tersebut dikarenakan absorpsi air tambah kuat dengan peningkatan pH. Kian banyak air yang di-absorp maka mie menjadi tak gampang putus. Bahan lain yang juga dipakai adalah garam yang berfungsi menambahkan citarasa, menguatkan tekstur mie, memperkuat kekenyalan mie sekaligus mampu mengikat air. adanya garam bisa mencegah aksi enzim protease dan amilase hingga mie tak menjadi lengket dan tak mengembang dengan berlebihan.

Bahan berupa putih telur akan menciptakan suatu lapisan tipis tapi kuat di permukaan mie. Lapisan itu cukup ampuh untuk menghalangi penyerapan minyak saat digoreng dan penyebab saus mie keruh saat di proses. Lesitin dalam kuning telur adalah senyawa emulsi yang bagus dan bisa menyegerakan hidrasi air dalam terigu serta memiliki karakter membuat adonan mengembang. Cara membuat mie telor sendiri ternyata gampang lho, tak sampai 1 jam sudah jadi mie telor yang pulen, enak serta kenyal.

Bahan bahan yang dipakai :

1/4 kg tepung terigu dengan kandungan protein tinggi
50 g tepung tapioka atau tepung sagu
2 butir telur
1 sdt garam
Air untuk memasak

Bahan untuk taburan yaitu 50 g tepung terigu dengan kandungan protein tinggi


- Campur rata seluruh bahan sampai menggumpal.
- Tunggu hingga 15 menit.
- Uleni adonan mie sampai merata dan kalis.
- Adonan mie kemudian digiling menggunakan gilingan mie beberapa kali sampai adonan menjadi lembut.
- Adonan mie kemudian ditipiskan dengan ketebalan menurut keinginan.
- Potong adonan mie tadi menggunakan pemotong mie kecil. taburkan tepung terigu supaya tak lengket satu sama lain.
- Masak 1 liter air plus 1 sdm minyak goreng. Masukkan mie kalau air telah mendidih. Rebus sampai matang dan kemudian tiriskan.
- Mie telor buatan sendiri siap dimasak menjadi bermacam olahan mie.