Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

Tentu tak ada yang tidak tahu nasi goreng. Sajian nasi bersama tumisan bumbu ini mudah didapati dimana saja, apakah itu dijajakan di kaki lima hingga masuk daftar menu restoran kenamaan. Jadi nasi goreng juga kerap didapati diatas meja makan masyarakat Indonesia. Nasi goreng memang jadi alternatif nikmat untuk mengisi perut saat makan pagi maupun makan malam. Mudah didapat, lauk pelengkapnya juga bisa menurut selera. Karakteristik nasi goreng Indonesia adalah sering menggunakan kecap manis, dan beberapa pelengkap misalnya sate ayam, telur ceplok, kerupuk udang dengan taburan bawang goreng. Hal tersebut yang menjadikannya beda bila dibandingkan nasi goreng dari negara lain. 

Tidak ada catatan jelas yang mengatakan asal muasal nasi goreng ini. Namun yang pasti sajian nasi goreng telah jadi bagian dari sejarah panjang kuliner Indonesia. Kemasyhuran nasi goreng menjadikannya seakan akan identik dengan Indonesia. Sehingga tidak lah sesuatu yang mengherankan kalau banyak di antara kita yang menduga masakan nasi goreng adalah warisan kuliner dari nenek moyang kita.

Faktanya bila kita membaca sejarah nasi goreng, kita mesti memasuki masa 4000 tahun sebelum Masehi. Nasi goreng konon tercipta dari budaya orang-orang tradisional Tionghoa yang tak senang bila harus membuang makanan yang bersisa. Mereka berusaha memasak lagi makanan itu agar bisa dimakan lagi. Di samping itu, mereka pun diketahui senang memakan hidangan hangat. Sebab itulah yang mendasari gagasan untuk memanaskan nasi ditambah dengan berbagai racikan bumbu. Hal tersebut yang kemudian kita ketahui sebagai nasi goreng. Bersama banyaknya orang orang Tionghoa yang berimigrasi ke wilayah Asia Tenggara hingga sampai ke Indonesia membuat nasi goreng populer di kalangan orang-orang Indonesia. Mau memasak nasi goreng spesial untuk menu seluruh anggota keluarga anda? Berikut caranya :

Bahan bahan yang diperlukan :

350 gr nasi putih
1 butir telur ayam di buat dadar dan diiris tipis
1/2 tangkai daun bawang, rajang kecil kecil
1/2 sendok makan margarin
2 siung bawang putih dihaluskan
2. butir bawang merah dihaluskan
1/2 bungkus penyedap rasa rasa sapi
Cabe rawit seperlunya untuk yang suka pedas dihaluskan
1 sendok makan kornet sapi
1/4 sendok teh bubuk lada
1/2 sendok makan kecap manis
Bawang goreng sebagai taburan



- Lelehkan mentega pada wajan untuk menumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi. Masukkan cabe dan kornet, panaskan sampai matang.

- Masukkan nasi putih, kecap manis dan penyedap rasa sapi, aduk aduk hingga bumbu meresap.

- Masukkan bubuk merica dan irisan daun bawang, bolak balik agar rata.

- Angkat dan hidangkan dalam keadaan panas bersama irisan telur dadar dan taburan bawang goreng.

Share this: