Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Nasi Kuning

Hayo,.. siapa tidak kenal dengan hidangan nasi kuning. Tak sebagai salah satu menu makanan pun kita dapat mengenalnya sebagai simbol dari suatu perayaan atau ritual. Yang menarik adalah bagaimana hidangan nasi kuning itu menjadi suatu simbol yang merepresentasikan suatu harapan dan permintaan. Dari beberapa acara maupun perayaan di Indonesia, adanya nasi kuning jadi suatu atribut yang seolah-olah mewakili sebuah doa.

Resep - Cara Membuat Nasi Kuning

Tampilan nasi kuning yang berbentuk kerucut kabarnya identik dengan suatu piramida yang memusat menuju puncak yang merupakan lambang kekuatan ke atas dan berhenti pada kekuatan Tuhan Yang Maha Esa. Tidak aneh ketika memotong nasi kuning pun hadir tradisi yakni dilaksanakan oleh tokoh utama maupun seseorang yang dilihat utama. Pola pemotongan nasi kuning pun tidak seperti saat memotong kue tart yang vertikal namun dengan cara horisontal. Sisi puncak nasi kuning yang dipotong pun kemudian diberikan kepada sosok penting maupun sosok yang dipandang penting. 

Faktanya, nasi kuning tidak lah sekedar sajian makanan yang lezat disantap, namun sebagai satu sajian yang penuh dengan doa, pengharapan dan juga mantera. Disebabkan nasi kuning sudah begitu akrab, hingga hanya sedikit yang hirau dengan nilai doa di dalamnya. Mudah-mudahan tak menunggu di ambil alih oleh bangsa Malaysia baru kita peduli dengan nasi kuning. Meskipun sudah akrab namun untuk sebagian orang, cara membuat nasi kuning masih ada yang belum tahu. Untuk itu berikut cara membuat nasi kuning berikut bahan bahan yang diperlukan.

Bahan bahan :

1 kilo beras pulen, cuci bersih
2 sendok makan air kunyit
1, 2 liter santan yang berasal dari 1 butir kelapa
2 tangkai serai dimemarkan
2 helai daun salam
2 helai daun jeruk purut
1 sendok teh garam
1 sendok teh air jeruk nipis



- Pertama tama kukus beras yang sudah dicuci bersih tadi menggunakan dandang kurang lebih 1/2 jam sampai setengah matang atau istilahnya diaroni. Sisihkan.

- Masak santan beserta air kunyit, batang serai, daun salam, daun jeruk plus garam sampai mendidih.

- Tambahkan beras aron tadi kemudian aduk sampai santan terserap beras. Sisihkan.

- Tambahkan air jeruk nipis dan aduk aduk hingga rata.

- Kukus lagi kurang lebih 1/2 jam sampai matang. Sisihkan.

- Nasi kuning siap dihidangkan ditemani lauk sambal goreng pedas atau anda akan membuatnya menjadi nasi tumpeng untuk keperluan sebuah acara.

Biarpun terlihat sederhana namun nasi kuning buatan anda dijamin mempunyai citarasa yang lezat dengan aroma yang menggugah selera makan kita. Selamat memasak ya!

Share this: