Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Nasi Tim

Nasi tim adalah masakan khas Tionghoa Indonesia yang berujud nasi dan daging ayam kukus dengan bumbu gurih. Kata tim mungkin bersumber dari kata bhs Inggris steam yang berarti dikukus. Bahan nasi tim adalah daging ayam tanpa tulang, jamur plus telur ayam rebus, yang di beri bumbu bawang putih serta kecap asin. Bahan makanan tadi kemudian diletakkan dalam mangkuk aluminium atau baja anti karat. Mangkuk itu selanjutnya di isi nasi hingga padat, setelah itu di taruh dalam panci kukus lalu dikukus hingga masak. Sajian ini biasanya dihidangkan bersama sup bening rasa ayam dengan taburan daun bawang. 

resep nasi tim ayam jamur,resep nasi hainam,resep masakan nasi tim,resep nasi tim jamur,resep nasi tim bayi,resep nasi tim bayi 7 bulan,resep nasi tim bayi 9 bulan,resep nasi tim saring,
Resep - Cara Membuat Nasi Tim

Meski biasanya memakai daging ayam, beberapa variasi menggunakan bahan lain misalnya ikan, daging sapi bahkan juga daging babi. Nasi tim biasanya diletakkan dalam kukusan agar selalu dalam keadaan hangat. Teknik menghidangkannya adalah dengan manangkupkan mangkok tersebut di atas piring hasilnya nasi tim terbentuk diatas piring. Menyantap nasi tim yang lezat dan hangat pasti betul-betul mengasyikkan. Nasi tim berikut ini memakai dada ayam filet ditambah jamur hioko. Jika Anda hendak memakai bahan lain misalnya sayur mayur pun boleh juga.

Bahan bahan yang diperlukan :

300 g beras putih
800 cc kaldu ayam
1 sdt garam
1/2 buah bawang bombay dicincang
2 siung bawang putih dicincang halus
150 g dada ayam, iris persegi
2 tangkai jamur hioko kering, di rendam air dan kemudian dipotong-potong
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin
1 sdt kecap ikan
100 cc air
1 sdt sagu yang dilarutkan dengan 1 sdt air
1/2 sdt garam
1/4 sdt bubuk merica
1/4 sdt gula
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan taburan :

3 sdm bawang goreng
1 sdm tongcai

Bahan untuk kuah :

400 cc kaldu ayam
1 sdt garam
1/2 sdt bubuk merica
2 batang daun bawang, rajang kecil kecil



- Bawang bombay dan bawang putih ditumis sampai wangi. Tambahkan dada ayam dan aduk aduk sampai warna daging berubah. Tambahkan jamur hioko, kecap asin, saus tiram, bubuk merica, kecap ikan, gula pasir dan garam. Aduk-aduk sampai rata. Tuangkan air matang hingga mendidih dan masukkan larutan sagu. Panaskan terus agar bumbu benar-benar meresap. Kemudian angkat.

- Air kaldu ayam dipanaskan sampai mendidih. Tambahkan beras yang sudah dicuci bersih selanjutnya masukkan sedikit garam.

- Taruhlah sejumlah kecil adonan beras dalam pinggan tahan panas berbentuk bulat. Tambahkan isian. Tutup menggunakan nasi aron.

- Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan kurang lebih 1/2 jam sampai matang.

- Hidangkan bersama taburan dan siram dengan kuah. Sajikan selagi panas agar terasa nikmatnya.

Share this: