Resep - Cara Membuat Nugget Ikan

Buah hati kita biasanya suka memakan nugget. Nugget adalah makanan dari daging ayam ataupun ikan yang dilumatkan lalu dibentuk. Tampilannya yang imut serta cita rasanya yang lezat menjadikan nugget adalah favorite buat si kecil. Terdapat banyak type nugget yang di tawarkan, dimulai dari yang bermerek dengan harga mahal sampai yang buatan industri rumah tangga yang harga nya murah. 

Resep Makanan, resep nugget ikan laut, resep nugget ikan campur sayuran, resep nugget ikan tuna, resep nugget ayam, resep nugget ikan isi wortel, resep nugget ikan tenggiri, resep nugget ikan lele,
Resep - Cara Membuat Nugget Ikan

Nugget yang di buat oleh pabrik maupun usaha rumah tangga sebenarnya sama saja dengan syarat sesuai standard kebersihan, kesehatan ataupun bahan yang dipakai adalah bahan yang masih segar. Untuk itu pahami beberapa ciri nugget yang layak dikonsumsi berikut ini :

1. Mempunyai warna alami
Jika warna nugget agak kusam dan tampak tak menarik, boleh jadi nugget tersebut sudah expired atau diolah dari bahan membahayakan.

2. Tak berbau
Nugget layak makan ialah nugget yang tak berbau. Nugget merupakan makanan dari daging olahan sehingga bau amis semestinya sudah tak ada dan andaipun berbau itu merupakan bau adonan bumbu nugget itu.

3. Tekstur-nya tak keras dan tak lembek
Nugget semestinya tak lembek maupun keras. Jika nugget yang Anda beli terlalu keras atau cenderung lunak, hendaknya dibuang saja sebab nugget tersebut tak layak dimakan.

4. Komposisi dan expiration date
Tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa wajib tertera di bungkus nugget. Di samping itu, komposisi bahan pun mesti ditulis di bungkus supaya kita bisa melihat dibuat dari adonan apa saja nugget yang akan dimakan.

Bila anda memang ragu membeli nungget jadi, anda bisa saja lho membuat nugget sendiri di rumah. Kali ini kita akan membuat nugget ikan. Ikan adalah sumber zat gizi yang sangat bagus buat anak untuk membantu pembentukan otak dan fisik dengan optimal. Daging ikan pun dapat diolah menjadi nugget yang lezat dan penuh gizi.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

400 gr filet ikan kakap atau tengiri
2 buah wortel yang diparut halus
3 butir telur
100 gr tepung terigu protein medium
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam halus
1/2 sendok teh bubuk merica
Tepung panir sesuai kebutuhan
Minyak goreng untuk menggoreng



- Filet ikan diblender hingga lumat, selanjutnya masukkan wortel parut, sebutir telur, 40 gram tepung terigu, bawang merah, bawang putih, bubuk merica dan garam. Aduk-aduk sampai merata.

- Sediakan loyang dan olesi menggunakan margarin ataupun minyak goreng. Tuangkan adonan kemudian ratakan.

- Adonan dikukus sampai matang kemudian diangkat dan didinginkan.

- Iris menurut selera dan taburkan sisa tepung terigu.

- Kocok telur kemudian celup potongan nugget ke dalamnya. Guling gulingkan pada tepung panir, selanjutnya goreng sampai berwarna kecoklatan.

- Nugget ikan siap dihidangkan untuk putra putri anda.