Resep - Cara Membuat Oncom

Tak perlu menengok tampilannya yang penuh jamur. Tetapi rasakan saja ketika santapan ini sudah di buat menjadi beraneka macam hidangan yang pasti akan membuat ketagihan. Ditanggung saat itu juga anda akan lupa dengan tampilan sebelum di proses. Hanya segelintir orang yang tidak tahu dengan oncom. Makanan produk fermentasi ini sungguh tidak membangkitkan nafsu makan ketika mentah. Tetapi bila sudah dimasak, boleh di pastikan banyak orang yang bakal kecanduan. Katakan saja keripik oncom yang sering menjadi oleh-oleh dari kota Bandung. Masakan tumis oncom yang di proses bersama lenca, ataupun makanan oncom goreng tepung.
Resep - Cara Membuat Oncom
Meski sederhana, tetapi mengenai citarasa, makanan ini tidak kalah di banding jenis makanan lain. Oncom terbuat dari ampas tahu atau bungkil kacang yang difermentasi memanfaatkan jamur Neurospora sitophila alias jamur merah yang mengakibatkan oncom mempunyai warna kemerahan. Makanan dari Bandung ini ada 2 jenis. Pertama, oncom merah yang sering didapati di pasar pasar tradisional. Ke-2 adalah oncom hitam. Oncom hitam kerap didapati di kawasan Bandung. Jika oncom merah memanfaatkan Neurospora sitophila dalam step fermentasinya, oncom hitam memanfaatkan ragi Rhizopus oligosporus. Di samping itu, oncom hitam terbuat dari bahan ampas kacang. Wajar jika ke-2 jenis makanan itu harga nya lumayan murah.

Dalam membuat oncom juga begitu gampang. Biasanya oncom dimasak dengan ditumis bersama pelengkap lenca. Dimakan bersama nasi putih panas, tumisan oncom jadi makanan yang semakin lezat. Ada juga beberapa orang yang memasaknya dengan digoreng bersama balutan tepung. Seperti tempe goreng tepung. Bila mau mencicipi olahan oncom berupa keripik oncom, datang saja ke Bandung sebab disana banyak di jual keripik oncom sebagai salah satu oleh oleh khas kota itu. Anda juga dapat membuat oncom sendiri. Berikut caranya :

Bahan bahan yang diperlukan :

500 gr kacang tanah
50 gr ragi oncom



- Cuci bersih kacang tanah, selanjutnya giling kasar sampai berupa bungkil.

- Dengan menggunakan alat pres sederhana pres bungkil kacang tanah itu untuk meniadakan kadar minyaknya.

- Buat bungkil kacang tanah itu jadi bentuk lempeng.

- Bungkil kacang tanah kemudian direndam menggunakan air kurang lebih 7 jam hingga jadi bubuk oncom

- Tempatkan bubuk oncom dalam keranjang bambu agar kadar air meresap ke bawah dan biarkan semalam

- Bubuk oncom selanjutnya dikukus hingga empuk, berikutnya buat jadi bentuk persegi memanjang

- Biarkan oncom itu kurang lebih 12 jam

- Taburkan ragi oncom. Berikan alas dan penutup memakai karung bersih.

- Biarkan hingga tumbuh kapang pada permukaan oncom.

Sesudah tumbuh spora jamur, iris oncom menurut selera dan tempatkan pada anyaman bambu hingga lumayan kering

- Oncom siap diolah menjadi berbagai masakan lezat berbahan oncom.