Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Onde Onde

Meski sederhana jajanan pasar yang satu ini terus menjadi kegemaran lebih-lebih ketika masih hangat. Dengan kulit luar yang renyah dan gurih bersama aroma wijen dan isian yang lembut serta legit. Biasanya disajikan ketika masih hangat untuk pelengkap minum kopi maupun teh. Onde onde adalah salah satu kue jajan pasar yang populer di Indonesia. Kue tersebut sangatlah popular di wilayah Mojokerto yang dijuluki kota onde onde sejak masa Majapahit ratusan th. silam. Onde onde dapat didapati pada pasar tradisional maupun dijajakan oleh pedagang kaki lima. Onde onde juga populer terutama di kawasan pecinan apakah itu di Indonesia maupun manca negara.
resep onde onde mini,resep onde onde kentang,resep onde onde ketawa,resep onde onde ceplus,resep onde onde gula merah,resep onde onde ncc,resep onde onde pecah,resep onde onde kering,
Resep - Cara Membuat Onde Onde
Onde onde di buat dari bahan bahan terigu ataupun tepung ketan dengan digoreng ataupun di rebus dan permukaan kulit luarnya tertempel taburan biji wijen. Ada beragam macam variasi, yang paling popular adalah onde onde dari tepung ketan dengan isi pasta kacang hijau. Ragam onde onde lain di proses dari tepung terigu dan ditambahkan warna di permukaannya misalnya warna merah, putih ataupun hijau yang popular dengan sebutan onde onde gandum sebagai onde onde Mojokerto. Tak hanya bisa membeli, mari kita buat sendiri onde onde yang lezat untuk santapan ringan seluruh anggota keluarga.

Bahan bahan yang digunakan :

1/4 kg kacang hijau bebas kulit di rendam dalam air lebih kurang 4 jam
1/2 sendok teh garam
100 gr gula pasir
1/4 sendok teh bubuk panili

Bahan bahan untuk kulit :

1/2 kg tepung beras ketan
75 gr tepung beras
1/4 kg gula pasir
1/2 sendok teh bubuk panili
1 sendok teh garam
150 cc air hangat
200 gr biji wijen
Minyak goreng untuk menggoreng



- Membuat isian, masak kacang hijau menggunakan api kecil hingga lunak. Masukkan gula pasir plus bubuk panili, campur hingga rata. Masukkan air sedikit sedikit sembari diaduk-aduk hingga lunak dan kering. Sisihkan.

- Membuat kulit, aduk jadi satu bahan bahan berupa tepung beras ketan, tepung beras, bubuk panili dan garam. Masak air sampai panas namun tak sampai mendidih. Sisihkan. Siramkan air panas tadi sedikit sedikit dalam adonan tepung kemudian aduk-aduk hingga rata sampai menjadi adonan yang kalis.

- Ambillah 2 sendok makan adonan dan buat bentuk pipih, buat cekungan di tengahnya. Isikan adonan kacang hijau, tutup dan buat menjadi bola bola kecil. Celup dalam air dingin.

- Guling gulingkan pada tebaran biji wijen. Putar menggunakan kedua telapak tangan hingga membulat dan biji wijen melekat rata.

- Goreng onde onde menggunakan api kecil hingga mengambang dan berwarna kuning lalu angkat dan tiriskan.

- Onde onde hangat nan lezat siap disantap untuk teman secangkir teh hangat.

Share this: