Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Ote Ote

Untuk yang belum tahu apa itu ote ote, ialah sejenis gorengan yang biasanya dinamakan pula bakwan goreng alias bala bala. Di Surabaya, gorengan tersebut dijuluki ote ote. Ukuran ote ote dapat berbeda-beda. Ada yang besar dan ada pula yang mungil. Cita rasanya, wah nikmat sekali. Dikonsumsi dengan cocolan saus sambal ataupun disantap bersama cabai rawit. Ote ote yang populer yaitu ote ote Porong. Porong sendiri adalah nama satu wilayah di kabupaten Sidoarjo. Anda pasti pernah mendengar tragedi semburan lumpur Porong, nah di situ tepatnya.
Resep Makanan, resep ote ote sayur,resep ote ote spesial,resep ote ote goreng,resep ote ote udang,resep ote ote enak,bumbu ote ote,resep ote ote porong,resep ote ote tiram,
Resep - Cara Membuat Ote Ote


Sejarah menceritakan jika nenek moyang Koko Wei, ialah pemilik Porong Wei tiba dari daerah Fuzhou daratan China ke Indonesia, kemudian bertempat tinggal di Jawa Timur persisnya di wilayah Porong. Mereka menggunakan sumber daya laut di lingkungan rumah mereka untuk membuat suatu usaha makanan menggunakan resep asal Fuzhou. Satu di antara sajian andalannya adalah ote ote Porong yang terus eksis dari tahun ke tahun sampai sekarang.

Gorengan dari Jawa Timur ini memang sering ditemukan dijajakan di pedagang kaki lima maupun warung makan. Sekilas memang serupa bakwan walau demikian sebenarnya agak lain karena ote ote biasanya disertakan udang. Dalam membuat ote ote sebenarnya tidak sulit, yakni adonan terigu hanya dimasukkan potongan wortel, tauge, daun seledri dan ada kalanya juga kol. Setelah itu tambahkan juga bumbu pada adonan semacam bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut serta garam. Nah, untuk menciptakan ote ote tampak bundar digunakan cetakan tersendiri dengan gagang kayu yang dicelup dalam minyak goreng panas.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

150 g terigu
25 g tepung beras
1/4 sdt baking powder
150 g wortel, rajang kecil panjang
75 g tauge
125 cc air
1 butir telur
2 batang daun seledri, rajang
1 tangkai daun bawang, rajang kecil
75 g udang, singkirkan sungut dan kakinya
Minyak goreng

Bumbu bumbu yang dihaluskan :

2 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1, 25 sdt garam
1/4 sdt bubuk merica
1/2 sdt gula pasir


- Campur jadi satu terigu, tepung beras, bumbu halus, baking powder beserta air. Tambahkan wortel, taoge, daun seledri, daun bawang dan telur. Kocok sampai merata.

- Panaskan sendok sayur ke dalam minyak goreng panas. Angkat sendok sayur. Masukkan adonan. Taruh udang di atasnya. Celup kembali dalam minyak goreng.

- Goreng hingga separoh matang. Ambil dari sendok sayur. Goreng kembali hingga matang.

- Ote ote yang masih panas siap dihidangkan dengan saus tomat atau cabe rawit segar.

Share this: