Laman

Kamis, 01 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Perkedel Tempe Bergizi

Keunikan kuliner juga jadi salah satu karakteristik suatu daerah. Sehingga sudah sepantasnya kita menghormati keberagaman budaya negeri sendiri dengan mengetahui kuliner negari sendiri satu diantaranya yaitu perkedel. Perkedel sesungguhnya adalah makanan yang populer di negara Jerman, yang mana hidangan ini popular dengan sebutan Frikadellen, Fleischkuechle, Fleischpflanzerl atau Buletten. Bukan hanya itu, hidangan ini juga jadi salah satu kuliner unik pada beberapa negara Eropa misalnya Kepulauan Faroe, Denmark, Ukraina, Norwegia, Rusia, Polandia, Estonia, Lithuania dan Belanda. Sedangkan di negara Afrika Selatan, perkedel sudah jadi bagian warisan kuliner masyarakat Afrika.
Resep Makanan, resep perkedel tahu,aneka resep olahan tempe,tempe udang,tempe goreng,resep makanan perkedel tempe,tempe pedas,resep masakan perkedel tempe,tempe bumbu ketumbar,
Perkedel Tempe Bergizi

Tahukah anda apa perbedaan perkedel dan frikadellen? Perkedel di buat dari adonan daging dan kentang. Sering juga bahan utama dalam membuat perkedel yakni kentang, disubstitusi menggunakan umbi-umbian misalnya ubi jalar atau singkong. Walau demikian, ada juga yang menggunakan tahu ataupun jagung untuk alternatif selain kentang. Sedangkan Frikadellen di buat berbahan utama daging sapi ataupun daging babi cincang juga campuran keduanya yang selanjutnya dibumbui menggunakan telur, bawang, susu, remah remah roti atau oatmeal atau tepung, sedikit garam dan bubuk merica. Yang pasti, perkedel versi Eropa ini memakai 100 % daging, sementara perkedel buatan Indonesia memakai kombinasi kentang dan daging menggunakan perbandingan satu banding satu.

Istilah perkedel adalah kata serapan yang berasal dari logat Belanda Frikadel. Bisa jadi pada masa lalu saat orang orang Belanda mengatakan Frikadel, lidah masyarakat Indonesia sedikit keseleo saat menirukannya. Akhirnya, kita saat ini mengatakan makanan itu dengan sebutan perkedel. Nah untuk kali ini kita tak akan membuat perkedel dari bahan biasanya, kentang. Kita akan membuat perkedel dari bahan tempe. Jangan salah, walaupun dari tempe, rasa perkedel ini tidak kalah dengan perkedel kentang.

Bahan bahan yang digunakan :

3 ons tempe
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
2 sendok makan tepung sagu
1 telur digunakan putihnya saja
3 lembar daun jeruk dirajang kecil kecil

Bumbu dihaluskan :

3 buah cabe merah
7 buah cabe rawit merah
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 ruas jari kencur
1 sendok teh terasi masak
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh bubuk lada
1 sendok teh gula pasir


- Lumatkan tempe dan masukkan tepung sagu, putih telur, rajangan daun jeruk serta bumbu halus. Campur hingga merata.

- Ambil satu sdm adonan perkedel tempe, buat bentuk bulat lonjong. Lakukan sampai seluruh adonan perkedel habis.

- Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng menggunakan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

- Perkedel tempe lezat bergizi siap disajikan untuk seluruh anggota keluarga. Resep di atas cukup untuk 5 orang.

Share this: