Laman

Sabtu, 03 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Teri Sedap

Untuk Anda yang belum pernah menyantapnya bisa jadi akan bertanya-tanya, bagaimanakah rupa nasi bakar itu? Memang ada beragam variasi hidangan dari beras, misalnya nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk maupun nasi timbel. Menu nasi bakar bisa jadi adalah inovasi terbaru dari nasi. Nasi bakar saat di buka bungkusnya mempunyai wangi khas yang menjadikan orang yang lapar bakal menelan ludah. Tidak percaya? Ayo coba sendiri!

resep nasi bakar spesial,resep nasi bakar kemangi,resep nasi bakar ikan asin,resep nasi bakar jamur,resep nasi liwet,resep nasi bakar peda,resep nasi bakar sumsum,resep nasi goreng bakar,
Resep - Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Teri Sedap

Menggunakan cara pengolahan yang unik, hidangan yang diberi nama nasi bakar ini menciptakan perbedaan sendiri dengan beberapa hidangan pada umumnya. Sesuai sebutannya, nasi yang diracik dengan beberapa bumbu dapur dan pelengkap berupa teri medan serta disajikan dengan dibakar, memiliki daya tarik tersendiri. Nasi yang dibakar dan dibungkus memakai daun pisang menjadikan nasi masak dengan sempurna serta memiliki wangi khas. Tidak aneh bila banyak rumah makan yang menyediakan menu lezat ini. Anda juga dapat mengolahnya sendiri di dapur rumah anda.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

Bahan untuk nasi :

1/4 kg beras dicuci bersih
1/2 sdt garam
2 helai daun salam
2 tangkai serai dipakai batang putihnya saja dengan dimemarkan
3 butir cengkeh
1/2 liter santan yang berasal dari 1/2 butir kelapa
Daun pisang untuk membungkus nasi

Bahan untuk kuah areh :

1/4 liter santan berasal dari 1 butir kelapa
1/4 sdt garam

Bahan bahan untuk tumisan :

100 g ikan teri nasi di rendam air panas, tiriskan dan digoreng
2 siung bawang putih, rajang kecil kecil
6 butir bawang merah, rajang kecil kecil
2 buah cabe merah besar, singkirkan bijinya dan iris serong
8 buah cabe rawit merah
8 butir petai, iris jadi 2
1 buah tomat, iris kotak
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
100 cc air
1 tangkai daun bawang, rajang dengan ukuran 1/2 cm
8 batang kemangi di ambil pucuknya
2 sdm minyak goreng untuk menumis



- Mengolah kuah areh, panaskan santan ditambah garam seraya diaduk aduk menggunakan api kecil hingga mengental.

- Mengolah nasi, panaskan santan ditambah daun salam, garam, batang serai dan cengkih sembari diaduk-aduk hingga mendidih. Tambahkan beras. Aduk hingga meresap. Kemudian dikukus selama 1/2 jam hingga matang.

- Mengolah tumisan, panaskan minyak tumis  dan goreng bawang putih, dan tumis bawang merah,  cabe merah besar dan cabe rawit merah plus petai hingga wangi. Tambahkan irisan tomat. Aduk-aduk hingga layu. Tambahkan air, gula pasir dan garam. Panaskan hingga meresap. Masukkan irisan daun bawang dan daun kemangi. Aduk-aduk hingga rata. Sisihkan. Masukkan ikan teri. Aduk lagi sampai merata.

- Ambil 150 g nasi dan buat bentuk semacam lontong menggunakan kantong plastik. Sediakan daun pisang, tambahkan tumisan serta nasi. Tuangkan 1/2 sdm kuah areh. Bungkus layaknya membuat lontong dan bakar hingga matang.

- Menu nasi bakar siap untuk dinikmati.

Share this: