Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 mencakup distribusi dan pemetaan semua kompetensi dasar, baik untuk Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) maupun Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) mata pelajaran Tematik Umum K13 bagi kelas 2 Semester 1 SD/MI. Masing-masing KD dipetakan untuk tiap pembelajaran, subtema, dan tema. Sehingga akan terlihat daftar KD yang harus diajarkan dalam suatu tema, subtema, maupun pembelajaran.
Tersusunnya pemetaan KD pertema, subtema, dan pembelajaran ini akan memudahkan setiap guru kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah dalam melangsungkan pembelajaran. Bahkan mulai sejak perencanaan pembelajaran hingga perencanaan penilaian. Dalam menyusun kisi-kisi soal baik penilaian harian (PH) , penilaian tengah semester (PTS), maupun penilaian akhir semester (PAS).
Diharapkan dengan berpedoman pada pemetaan KD, baik KI-3 maupun KI-4 pada kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 ini akan meminimalisir kesalahan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun kesalahan dalam membuat soal penilaian. Memastikan masing-masing kompetensi dasar telah berada pada tema, subtema, maupun pembelajaran yang sesuai.
Terkait dengan peran penting pemetaan KD KI-3 dan KI-4 bagi guru kelas SD/MI, ayo madrasah merilis contoh pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013. File tersebut disusun dalam format excel agar guru kelas dapat menggunakan dan menyesuaikan ulang jika diperlukan.
Baca Juga:
- Download Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 SD/MI
- Download Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 2 SD/MI
- Download Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 2 MI
1. Distribusi KD Kelas 2 Semester Ganjil
- Tema 1, Hidup Rukun dengan subtema:
- Hidup Rukun di Rumah
- Hidup Rukun di Tempat Bermain
- Hidup Rukun di Sekolah
- Hidup Rukun di Masyarakat
- Tema 2, Bermain di Lingkunganku, dengan subtema:
- Bermain di Lingkungan Rumah
- Bermain di Rumah Teman
- Bermain di Lingkungan Sekolah
- Bermain di Tempat Wisata
- Tema 3, Tugasku Sehari-Hari, dengan subtema:
- Tugasku Sehari-hari di Rumah
- Tugasku Sehari-hari di Sekolah
- Tugasku Sebagai Umat Beragama
- Tugasku dalam Kehidupan Sosial
- Tema 4, Hidup Bersih dan Sehat, dengan subtema:
- Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
- Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
- Hidup Bersih dan Sehat Tempat Bermain
- Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
- Tema 1, terdiri atas 10 KD yang meliputi:
- PPKN 3.1, Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
- Bahasa Indonesia 3.1, Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
- Matematika 3.1, Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
- Matematika 3.2, Membandingkan dua bilangan cacah
- Matematika 3.3, Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
- Seni Budaya dan Prakarya 3.1, Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
- Seni Budaya dan Prakarya 3.2, Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
- Seni Budaya dan Prakarya 3.3, Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
- Seni Budaya dan Prakarya 3.4, Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
- Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.1, Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
- Tema 2, terdiri atas 8 KD yang meliputi:
- PPKN 3.2, Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
- Bahasa Indonesia 3.2, Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
- Matematika 3.4, Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
- Seni Budaya dan Prakarya 3.1, Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
- Seni Budaya dan Prakarya 3.2, Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
- Seni Budaya dan Prakarya 3.3, Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
- Seni Budaya dan Prakarya 3.4, Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
- Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.2, Memahami variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
- Tema 3, terdiri atas 9 KD yang meliputi:
- PPKN 3.1, Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
- PPKN 3.3, Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
- Bahasa Indonesia 3.3, Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
- Matematika 3.5, Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
- Seni Budaya dan Prakarya 3.1, Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
- Seni Budaya dan Prakarya 3.2, Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
- Seni Budaya dan Prakarya 3.3, Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
- Seni Budaya dan Prakarya 3.4, Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
- Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.3, Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
- Tema 4, terdiri atas 10 KD yang meliputi:
- PPKN 3.4, Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
- Bahasa Indonesia 3.4, Menenetukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
- Matematika 3.8, Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
- Matematika 3.9, Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
- Matematika 3.10, Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
- Seni Budaya dan Prakarya 3.1, Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
- Seni Budaya dan Prakarya 3.2, Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
- Seni Budaya dan Prakarya 3.3, Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
- Seni Budaya dan Prakarya 3.4, Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
- Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.4, Memahami bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
2. Unduh Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1
- Pemetaan KD KI-3 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 2 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-3 Per Tema dan Subtema Kelas 2 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-4 Per Subtema dan Pembelajaran 2 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-4 Per Tema dan Subtema Kelas 2 Semester Ganjil
- Distribusi KD Kelas 2 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013