Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 File Word

Format RPP yang kami banggakan di seluruh tana air Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 File Word
Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013

Sahabat pembaca Portal Format RPP yang kami banggakan di seluruh tana air. Pada Postingan-postingan sebelumnya kami telah membahas dan mengopload Program Tahunan (prota) dan program semester (promes). Namun pada kali ini kami melakukan postingan yang terkaitan dengan ketiga perangkat yang amat penting disiapkan oleh guru kelas SD yaitu Format Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan silbuas K13 Revisi 2018 yang semua perangkat tersebut disusun dan ketik dalam MS word sehingga rekan guru kelas 3 SD dapat mengedit kembali setelah download.


Ketiga perangkat ini adalah hal yang sangat krusial apabila kita sebagai tenaga pengajar tidak menyiapkan. Karena sebagai seorang guru sebelum kita melakukan pengajaran di kelas terutama di kelas 3 sesuai topik yang dibahas di sini adalah membuat dan menyusun lebih dulu bahan dan administrasi kelas demi kelancaran dan mendukung kegiatan KBM di kelas. Salah satu perangkat atau bahan yang dipersiapkan olehg guru kelas 3 SD adalah prota, promes dan silabus. Maka melalui halaman ini kami menyiapkan Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk dijadikan sebagai sumber referensi 

Siapa bilang jika menjadi guru tidak wajib memiliki program tahunan. Semua guru wajib memang untuk membuat program tahunan. Namun  penyusunan program tahunan sudah tentu harus sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2018 karena untuk kelas rendah menggunakan K13 revisi 2018. Program tahunan di singakta dengan prota. Prota adalah program umum yang merupakan rencana pembelajaran dengan menetapkan alokasi waktu pembelajaran dengan masa periode selama 1 tahun. Pada tahun berikutnya prota di susun ulang lagi sesuai perkembangan kurikulum kalender pendidikan. Prota yang dibuat dikemas lagi menjadi program semester sehingga keduai perangkat ini tidak dapat dipisahkan, Oleh karena itu kita menyusun prota maka promes.

Karena kedua perangkat ini saling melengkapi maka kami langsung sekaligus memuat menjadi satu paket perangkat Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang mana sekarang ini kelas rendah menggunakan revisi terbaru, Prota adalah rencana penetapan alokasi waktu yang disusun oleh guru agar semua KD dalam k13 dapat dicapai oleh siswa selama 12 bulan atau 1 tahun maka Prota promes kelas 3 K13 revisi 2018 harus disusun oleh guru kelas 3 sendiri.

Dalam Prota  Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 memuat hal-hal yaitu nama sekolah atau nama satuan pendidikan. nama kelas yakni kelas 3, tahun ajaran, mauatan mata pelajaran, tema, sub tema, pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, dan keterangan, Dalam penyusunan Prota Kelas 3 K13 Revisi 2018 pertama-tama harus menganalisi kalender pendidikan yang berlaku dan resmi agar dapat mengetahui jumlah alokasi waktu dalam satu tahun, kemudian mendistribusikan alokasi waktu pembelajaran ke dalam Kompetensi Dasar.

Prota Kurikulum 2013 Kelas 3 edisi revisi 2018 yang kami bagikan kepada rekan guru kelas 3 sudah mendistribusikan redaksi KD sesuai KD dalam buku pengangan guru kelas 3 SD Kurikulum 2013 revisi 2018.

Promes adalah program semester. Promes Kelas 3 SD K13 Revisi 2018 merupakan penjabaran dari prota kelas 3 K13 Revisi 2018. Untuk diketahui bahwa Program Semester yang kami bagikan ini adalah promes untuk semester 1, dan untuk semester 2 semester genap kami belum updet. 

Promes merupakanSama seperti menyusun prota, bahwa untuk menyusun promes kelas 3 SD/MI terlebih dahulu mengkaji dan menganalisis kalender pendidikan yang diterbitkan oleh pemerintah setempat untuk mengetahui dan mendapatkan hari efektif, hari libur, ulangan tengah semester, atau UTS, Penilaian Tengah Semester (PAS) dalam satu tahun dan dalam tiap semester. Tanpa melakukan pengajian kalender maka kita tidak dapat mengetahui berepa minggu efektif dan berapa jam efektif. Untuk mempermudah guru kelas 3 SD/MI menyusun promes maka kami sediakan Promes Kurikulum 2013 kelas III SD/MI Revisi 2018.

Pada Promes Kelas 3 K13 Revisi 2018 yang kami bagikan gratis ini termuat komponen nama satuan pendidikan, kelas dan semester, tema, sub tema, pembelajaran, KD, Alokasi waktu per KD, nama bulan, minggu dan kolom keterangan. Sama hal dengan prota dalam promespun juga sudah ada KDnya tinggal bapak ibu guru kelas 3 menyesuaikan.

Ketika sahabat pendidik selesai download Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini maka jangan lupa untuk mengganti identitas seperti, nama sekolah masing-masing, nama dan NIP guru dan kepala sekolah. Jika sudah diganti, silakan print untuk menggunakannya. 

Sebelumnya perlu kami ingkatkan sekali lagi bahwa Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi Revisi tahun 2018 ini bukan hanya sebagai sumber atau referensi dalam ketika rekan-rekan menyusun dan membuat prota promes kelas 3 K13 revisi 2018. Dalam artian prota dan promes Kurikulum 2013 Edisi 2018 untuk kelas 3 SD/MI yang kami berikan bukan serta merta digunakan karena harus disesuaikan dengan alokasi waktu yang bapak/ibu tetapkan sesuai dengan terbitan kalender pendidikan setiap daerah. Namun jika dirasakan sudah pas silakan saja langsung digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Download Prota Dan Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi


Selain Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 admin Format RPP juga menyisipkan silabus Kurikulum 2013 Kelas III SD/MI revisi 2018. Untuk download ketiga bahan atau administrasi mengajar tersebut silakan klik link unduh yang tersedia dibawah ini

Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Sedangkan untuk download silabus SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi 2018 maka sobat bisa klik Download

Demikain saja ketiga jenis perangkat yang kami bagikan semoga Prota dan Promes Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 beserta silabus dapat digunakan dan bermanfaat.