Pengetahuan Bahan Pelapis

Pengetahuan Bahan Pelapis

lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
Pengetahuan Bahan Pelapis 

 

pengertian bahan tambahan dan fungsinya dalm tata busana - Bahan pelapis yang digunakan pada industri garmen dapat disejajarkan dengan alat, yang mana berpengaruh terhadap pembentukan pakaian/busana yang bermutu. Bahan Pelapis (underlying) adalah bahan tambahan yang terletak di bawah bahan utama yang fungsinya antara lain untuk membentuk, menopang kain, menjaga tetap kuat dari gesekan, lipatan, tekanan dan tahan rendaman. Juga untuk memberi rasa nyaman saat pemakaian seperti memberi rasa sejuk, hangat dan menghindari rasa gatal.
Dalam pembuatan busana bahan pelapis digolongkan menjadi 4 jenis yaitu

    lapisan bawah (Underlining),
    lapisan dalam (Interfacing),
    lapisan antara (Interlining) dan
    bahan pelapis (lining) yang biasa disebut furing (Lining).

Masing-masing mempunyai fungsi yang khusus mempengaruhi penampilan sebuah pakaian/busana.

2. Penggolongan Bahan Pelapis
a. Lapisan Bawah (Underlining)
Adalah bahan pelapis yang terletak di bagian bawah (bagian buruk) bahan utama pakaian (Garment fabric) biasa disebut lapisan bawah atau lapisan pertama. Pada umumnya lapisan bawah dimaksudkan untuk menguatkan bahan utama pakaian serta keseluruhan desain.

b. Lapisan Dalam (Interfacing)
Adalah bahan pelapis yang lebih kokoh dari lapisan bawah yang dipergunakan untuk menguatkan dan memelihara bentuk pakaian. Bahan lapisan ini dapat dipergunakan pada seluruh bagian dari pakaian, tetapi pada umumnya hanya dipergunakan pada bagian-bagian tertentu saja seperti pada kerah, manset, saku dan lainnya.

c. Lapisan Antara (Interlining)
Adalah bahan pelapis lembut dan ringan yang diletakkan diantara interfacing dan lining pada suatu pakaian untuk memberikan rasa hangat selama dikenakan. Biasanya untuk lengan baju dan bagian badan dari jaket atau mantel.

d. Bahan Pelapis (Lining) atau biasa disebut furing
Adalah bahan pelapis yang memberikan penyelesaian yang rapi, rasa nyaman, kehangatan, kehalusan terhadap kulit, biasanya disebut bahan pelapis terakhir (furing) karena merupakan penyelesaian terakhir pada pembuatan busana untuk menutupi bagian dalamnya.

Untuk suatu desain semakin berstruktur dan berdetail semakin besar pula kebutuhan akan lapisan bawah dan lapisan didalamnya. Bobot bahan pakaian merupakan faktor lain untuk diperhatikan, semakin ringan bobot atau kelembutan dari suatu bahan utama pakaian, semakin lebih membutuhkan bahan penyokong.
Tidak semua busana menggunakan keempat jenis bahan pelapis secara bersama-sama contoh pada pembuatan kebaya cukup diperlukan bahan interfacing untuk memberi bentuk dan lining untuk memberi rasa nyaman saat dikenakan namun ada kalanya keempat jenis bahan pelapis digunakan secara bersama-sama seperti yang terlihat pada gambar

lapisan

lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
3. Konstruksi Bahan Pelapis
a. Lapisan Bawah (Underlining)
Hampir semua jenis bahan dari yang paling ringan, tipis sampai ketebalan sedang dan berbobot dengan penyempurnaan lembut, sedang atau gemerisik.
Contoh bahan-bahan pelapis dalam: sutera cina, organdi, organsa, muslin, batiste, tula, rayon, tricot ringan untuk rajutan/bahan yang halus.
lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
Gb. 2. Contoh bahan Underlining
lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
Gb. 3 Gaun pesta malam Gaun pesta malam dengan bahan utama renda dan dilapis bahan tricot yang berfungsi sebagai Underlining sekaligus lining
b. Lapisan dalam (Interfacing)
Interfacing terbuat dari bermacam-macam bahan yang berbeda, dengan konstruksi dan penyempurnaan yang berbeda.
Dilihat dari kontruksinya interfacing dapat digolongkan menjadi tiga yaitu yang berasal dari tenunan (non woven) rajutan (knit) dan bukan tenunan (non woven).
1) Tenunan (woven)
Jenis tenunan yang arah seratnya memanjang saling mengikat. Dalam penggunaannya sebaiknya mengikuti arah serat. Jenis ini akan membentuk pakaian lebih bagus & stabil.
2) Bukan Tenunan (Non woven)
Proses pembuatannya tidak ditenun, melainkan dikempa sehingga tidak memiliki arah serat.
Bahan non woven dibentuk dari serat-serat yang dilumatkan, direkatkan atau diampurkan dengan bahan bahan kimia.
Interfacing yang tidak ditenun biasanya lebih keras daripada yang ditenun.
3) Rajutan (Knit)
Konstruksi kain rajut berbeda dengan kain tenun. Pada umumnya elastisitas kemuluran bahan rajut lebih tinggi dari bahan tenun.
Yang juga termasuk jenis dari rajut (Knit F. Interfacing) adalah welf.
Termasuk juga interfacing model baru yaitu interfusi atau fusing yaitu pengembangan secara modern yang menggunakan Adhesives (perekat) untuk saling mengisi serat-serat yang pendek atau bahan direkatkan bersamaan. Ada dua cara dalam proses perekatan yaitu cara pertama dengan disemprotkan biasanya hasil perekatnya tidak rata, cara kedua dengan dilaminating hasilnya lebih rata dan terdapat lembaran plastik yang menempel pada tenunan. Contoh trubinais
lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis    lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis  lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis  lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis  lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
c. Lapisan antara (Interlining)
Bahan berbobot ringan, tipis sampai tebal dan kasab menyerupai busa, katun berbulu:
Contoh: flanel, bahan selimut bobot ringan, felt, dacron.
lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis  d. Bahan Pelapis (Lining)
Ciri bahan pelapis (furing) adalah lembut, licin, tipis, ringan dan higrokopis sehingga memberi rasa sejuk saat dikenakan.
Contoh: satin, katun, rayon, Nilon, seperti sutera (silky), trico.
lapisanpengertian bahan tambahan pada busana  bahan pelengkap busana  macam macam bahan ut Pengetahuan Bahan Pelapis
Demikian sekilas tentang bahan pelapis. semoga bermanfaat.


Untuk fungsi bahan pelapis akan diposting di kesempatan berikutnya. Inshaa Allah….semoga masih diberi kesempatan untuk melakukan hal yang bermanfaat. Aamiin.





pengertian bahan tambahan pada busana

bahan pelengkap busana

macam macam bahan utama

pengertian bahan pendukung

pengertian bahan utama pada busana

pengertian bahan utama dan bahan pelengkap

konstruksi tenunan bahan tekstil

macam macam bahan utama tekstil

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian bahan tambahan dan fungsinya dalm tata busana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang CARA MEMBUAT POLA ROK LIPIT HADAP (SMP/SMU) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://ontbpwjt.wordpress.com/2021/02/14/pengetahuan-bahan-pelapis/