Tips Merawat dan Mencuci Velg Mobil

Selain sebagai penopang ban yang berguna untuk menggerakkan mobil, velg juga berperan untuk mempercantik tampilan mobil secara keseluruhan.

Akibatnya, banyak orang yang rela menggelontorkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit untuk mengganti velg standard mobilnya. Alasanya satu, biar tampilan mobilnya makin keren dan gagah.

Nah pada artikel berikut ini, ada beberapa tips untuk merawat dan mencuci velg mobil yang perlu diperhatikan agar tampilannya tetap memukau.

Selain sebagai penopang ban yang berguna untuk menggerakkan mobil Tips Merawat dan Mencuci Velg Mobil


1. Cuci Velg saat kondisi dingin

Cucilah selalu Velg saat kondisinya sudah benar-benar dingin. Hindari mencuci velg ketika kondisinya masih panas (terlebih setelah digunakan untuk jarak jauh).
Selain menghindari kerusakan akibat proses pendinginan secara tiba-tiba pada velg, mencuci velg saat kondisi masih panas bisa menyebabkan kerak dan bercak air yang lambat lain menjadi tempat bersarangnya jamur.


2. Gunakan sikat halus

Gunakan lap dan sikat halus untuk menghilangkan noda pada velg, terutama pada velg yang memiliki motif palang banyak. Ya, velg dengan motif palang banyak biasanya lebih sulit saat dibersihkan, gunakan sikat halus untuk membersihkan area-area yang sulit dijangkau tangan pada velg.


3. Bersihkan secara tuntas

Biasakan untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa air pembilasan secara tuntas hingga kering. Air pembilasan yang tidak dibersihkan hingga kering bisa mengakibatkan bercak air yang bisa membuat warna belang pada velg. Gunakan kain lap kering dan halus untuk menghindari baret pada permukaan velg.

Selain itu, untuk noda membandel, ulangi pemakaian cairan pembersih khusus velg untuk hasil maksimal. Hindari menggunakan minyak tanah atau bensin untuk menghilangkan noda aspal dan bercak hitam yang kerap menempel pada permukaan velg.

Baca juga :


4. Gunakan cairan pembersih khusus velg

Saat mencuci, usahakan untuk selalu menggunakan cairan khusus pembersih velg. Menggunakan sabun dan detergen yang sembarangan bisa jadi dapat merusak kondisi velg, apalagi jika digunakan secara terus menerus. Gunakan shampo khusus velg krom jika memang velg mobil anda dilapisi krom.


5. Bersihkan Velg secara menyeluruh pada periode waktu tertentu

Untuk menjaga kebersihan dan keawetan velg secara maksimal, lakukan pembersihan pada periode waktu tertentu, setidaknya lakukan minimal sekali dalam 4 bulan. Lepaskan semua velg dari mobil lalu bersihkan secara menyeluruh baik pada bagian luar dan bagian dalam velg.