40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun Opini Part2 - Soal essay/uraian B. Indonesia kelas xii semester ganjil kurtilas edisi revisi postingan berikut ini, merupakan lanjutan 40+ contoh soal essay b. Indonesia sebelumnya (latihan soal nomor 1-20) dengan materi yang sama diambil dari Bab 3, "Membangun Opini/Editorial Publik".
Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal essay bahasa Indonesia kelas xii semester ganjil K13 beserta jawaban.
21. Penyunting naskah yang akan diterbitkan harus memperhatikan….
Jawaban : Ejaan, diksi, dan struktur kalimat
22. Editorial merefleksikan sikap mayoritas dari….
Jawaban : Dewan redaksi
23. Media efektif untuk menyampaikan informasi kepada pembaca disebut….
Jawaban : Surat kabar
24. Jenis teks pada koran atau majalah yang merupakan ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang mewakili koran atau majalah tersebut disebut….
Jawaban : Teks editorial
25. Editorial juga disebut….
Jawaban : Tajuk rencana
26. Editorial merupakan kata pengantar dari….
Jawaban : Redaksi
27. Editorial dimaksudkan untuk memengaruhi….
Jawaban : Opini publik
28. Dalam menulis teks editorial harus menghindari kata….
Jawaban : Saya
29. Teks editorial merupakan karya dari….
Jawaban : Lembaga penerbitan
30. Karangan teks editorial bersifat argumentatif yang di tulis oleh redaktur….
Jawaban : Media massa
31. Apa yang dimaksud teks editorial?
Jawaban : Teks editorial atau teks opini merupakan sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat, sikap, dan pandangan resmi dari suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan yang sedang panas, terkini, dan banyak dibicarakan yang bersifat faktual, kontroversial, atau fenomena di masyarakat.
32. Sebutkan tipe teks editorial!
Jawaban : Berikut empat tipe teks editorial
a. Menjelaskan atau menginterprestasikan
Editor sering menggunakan editorial ini untuk menjelaskan cara surat kabar meliput subyek kontroversial atau sensitive. School newpaper dapat menjelaskan aturan sekolah baru atau usaha-usaha student-body tertentu.
b. Krisis
Editorial ini secara kontruktif mengkritik tindakan keputusan atau situasi dan menyediakan solusi terhadap masalah yang diidentifikasi. Dimaksudkan agar pembaca melihat permasalahannya bukan solusi
c. Persuasi
Persuasi editorial ditujukan untuk melihat solusi, bukan masalah. Dari paragraf pertama, pembaca akan mendukung tindakan positif. Pengesahan politis merupakan contoh yang baik dari persuasi editorial.
d. Pujian
Editorial ini memuji orang atau organisasi untuk sesuatu yang baik
33. Uraikan tujuan teks editorial!
Jawaban : Berikut tujuan teks editorial
a. Mengajak masyarakat (pembaca) untuk ikit berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar
b. Memberikan pandangan kepada masyarakat terhadap isu yang sedang berkembang
34. Tuliskan ciri-ciri teks editorial!
Jawaban : Dalam teks editorial, biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca. Berikut ciri-ciri teks editorial.
a. Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
b. Berisi ulasan tentang sesuatu masalah yang dimuat
c. Biasanya bersekala nasional, berita internasional dapat menjadi teks editorial, apabila berita tersebut memberi dampak kepada nasional.
d. Tertuang pikiran subyektif redaksi
35. Apa manfaat teks editorial?
Jawaban : Manfaat utama teks editorial yaitu dapat menginformasikan kepada pembaca, untuk merangsang pemikiran, dan terkadang mampu menggerakkan pembaca untuk bertindak.
36. Sebutkan langkah-langkah menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial!
Jawaban : Berikut langkah-langkah menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial antara lain sebagai berikut.
a. Membaca teks editorial secara keseluruhan
b. Menentukan ide pokok atau gagasan utama dalm teks editorial
c. Menentukan kesimpulan dalam teks editorial
37. Bagaimana cara membandingkan dua teks editorial?
Jawaban : Berikut cara membandingkan dua teks editorial antara lain sebagai berikut.
a. Membaca kedua teks editorial
b. Memperhatikan struktur teks editorial
c. Memahami penggunaan bahasa
d. Mencari ide pokok yang ada dalam teks editorial
e. Membandingkan kedua teks tersebut.
38. Uraikan struktur teks editorial!
Jawaban :
a. Pernyataan pendapat (tesis) Bagian ini berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang di angkat. Istilah ini mengacu kesuatu bentuk pernyataan atau bisa juga sebuah teori yang nantinya akan diperkuat oleh argument.
b. Argumentasi
Argumentasi merupakan bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis walaupun dalam pernyataan umu, argumentasi juga dapat digunakan untuk menolak suatu pendapat. Argumentasi dapat berupa pernyataan umum (generalisasi) atau dapat juga berupa data hasil penelitian, pernyataan para ahli, atau fakta-fakta yang didasari atas referensi yang dapat di percaya
c. Pernyataan/penegasan ulang pendapat (Reterationo
Bagian ini berisi penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumntasi. Tedapat pada bagian akhir teks. Teks editorial pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisa subjektif berdasarkan fakta dan data. Dengan serenteten argumentasi yang disajikan, penulis berusaha memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Teks opini/editorial ini juga kerap mengungkapkan penilaian atau saran terhadap sesuatu, atau kebijakan subjek dalam memutuskan sesuatu.
39. Sebutkan ciri kebahasaan teks editorial!
Jawaban : Adverbia, konjungsi, kosakata, dan verba
40. Apa yang dimaksud verba material?
Jawaban : Verba material adalah kata kerja yang menunjukan aktivitas fisik yang dapat dilihat secara nyata contohnya menari, membaca, dan menulis.
41. Mengapa teks editorial sering muncul di koran?
Jawaban : Karena teks editorial merupakan nama lain dari tajuk rencana, tajuk rencana dapat ditemukan di koran atau majalah
42. Bagaimana cara mengungkapkan isi teks editorial?
Jawaban : Dalam mengungkapkan pendapat harus dilengkapi dalam fakta, bukti-bukti, dan alasan yang logis agar dapat diterima oleh pembaca atau pendengar.
Baca juga:
- Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL
- Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMA dan Kunci Jawabannya
43. Bacalah teks berikut!
Untuk apakah sebuah peraturan dibuat? Agar bisa diimplementasikan, karena peraturan itu dibuat untuk kepentingan bersama. Apa jadinya kalau peraturan dibuat, tetapi tidak efektif dilaksanakan? Pasti ada sesuatu yang tidak tepat dalam merumuskan peraturan itu.
Apa struktur yang membangun teks tersebut?
Jawaban : Struktur bagian tesis
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 44-45!
Begitu banyak aspek yang harus dilihat sehingga pada tempatnya bila MUI menunda keputusan itu. Sebab, pada akhirnya, sebuah peraturan itu bukan hanya harus bagus di atas kertas, tetapi sungguh bermanfaat bagi kehidupan masyarakat yang menjalankannya.
44. Apa struktur yang membangun teks editorial tersebut?
Jawaban : Struktur bagian riorentasi
45. Tuliskan konjungsi yang terdapat dalam teks editorial tersebut!
Jawaban : Sebab, pada akhirnya, tetapi
Lanjut ke soal penilaian akhir semester ganjil ==> 45 Contoh Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Jawaban
Home /
Bahasa Indonesia SMA /
Bank Soal /
40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun OpiniPart2
40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun OpiniPart2
Tags :
#Bahasa Indonesia SMA
#Bank Soal
Related : 40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun OpiniPart2
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »