Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 54, 55, 57, 59 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku kegiatan pembelajaran 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Pahlawanku Lengkap
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Cita-citaku
- Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1
Beni ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan setelah masa kerajaan Hindu-Buddha. Bersama Beni, mari kita cari tahu lebih lanjut perjuangan tersebut.Bacalah teks berikut dalam hati!
Sultan Hasanuddin
Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam GowaTallo di Makassar,Sulawesi Selatan.Oleh Belanda,ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda. Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih.Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan.Ia berhadapan dengan Aru Palaka,Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di sekitar kerajaannya untuk melawan Belanda.
Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.
Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.
Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 54, 55
Apa yang kamu ketahui tentang Sultan Hasannudin?Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang Sultan Hasannudin?
Kamu juga dapat menambah informasi tentang Sultan Hasanuddin dengan bertanya kepada gurumu. Tulislah informasi lengkap tentang Sultan Hasanuddin berdasarkan informasi yang kamu peroleh dan sumber lain.
Berikut beberapa biodatanya :
Tanggal Lahir :12 Januari 1631, Gowa
Meninggal :12 Juni 1670, Gowa
Nama Asli : I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape
Sultan Hasanuddin memiliki julukan "Ayamn Jantan/Jago dari Timur" karena berani melawan Belanda yang di saat itu sedang melakukan perdagangan monopoli oleh VOC ( Belanda ).
Di awal perjuangannya, Ia dan kerajaan Gowa menentang dengan sangat keras terkait hak monopoli. Mereka berpikir bahwa kekayaan bumi ini digunakan untuk bersama-sama, buka untuk dimonopoli. Oleh karena itu, Gowa berusaha sangat keras untuk melawan Belanda.
Pertempuran mulai terjadi di mana-mana, termasuk Makassar. Tiada ampun, Gowa terus mencoba menyerang Belanda. Di pertempuran ini pun ada saja dilakukan perjanjian, namun selalu dikhianati oleh Belanda dan merugikan pihak Gowa.
Hingga akhirnya pada tanggal 18 November 1667, mereka mengadakan perjanjian Bungaya dan Sultan Hasanuddin pun bersedia menandatangani karena keadaan yang sudah mendesak. Namun, perjanjian ini dilanggar oleh pihak Belanda yang merugikan pihak Gowa. Sehingga terjadi lagi perang pada 12 April 1668. Namun sayangnya, kerajaan Gowa mengalami kekalahan karena Belanda berhasil memasuki benteng terkuat dari Kerajaan Gowa.
Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.
Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 57
Laporan Kegiatan Percobaan | |
Nama Percobaan: | Percobaan Pemantulan Cahaya |
Tujuan Percobaan: | Membuktikan sifat cahaya dapat dipantulkan |
Alat-Alat: | Cermin, alat tulis, buku. |
Langkah Kerja: | 1.Duduk bersama kelompokmu. 2.Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu. 3.Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari. 4.Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah). 5.Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah. 6.Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari. 7.Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati. |
Kesimpulan: | Dari hasil percobaan membuktikan bahwa salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan dapat dibuktikan dengan kegiatan berkomunikasi menggunakan cahaya. |
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 59
Ayo Berdiskusi
Siti ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan raja-raja Nusantara.Bersama Siti, amati gambar di bawah ini!Berikut adalah raja pada masa pemerintahan kerajaan Islam.
Amati tokoh-tokoh tersebut. Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja-raja tersebut?
Isilah tabel berikut.
Yang aku ketahui tentang peninggalan raja-raja pada masa Islam | Yang ingin aku ketahui lebih lanjut tentang peninggalan raja-raja pada masa Islam |
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia antara lain Masjid, kaligrafi, Keraton, Kesusastraan, pesantren, dan tradisi | Perjuangan raja-raja Islam di Nusantara |
Cari informasi tentang perjuangan para raja dan peninggalan yang memengaruhi wilayah di sekitarmu dari buku-buku yang ada di perpustakaan,media elektronik, atau gurumu. Lengkapilah tabelmu!
Tuliskan informasi yang telah kamu dapat di dalam kotak di bawah ini atau di kertas terpisah!
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 54, 55, 57, 59 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari