140 Contoh soal Seni Budaya Tentang Apresiasi Karya Seni Tari Kelas 12 (PG&Essay) Lengkap Beserta Jawaban untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK - Soal SBK kelas 12 postingan ini, berisikan materi yang diambil dari Bab 3, "Apresiasi Karya Seni Tari", dimana materi tentang seni tari diambil setelah siswa menyelesaikan 50 contoh soal UTS/PTS seni budaya tentang seni rupa dan seni musik.
Selain itu, admin juga telah mempublish materi sebelum UTS (Bab 1 dan Bab 2), yang bisa siswa menengah atas baca, pada postingan: 135 contoh soal sbk tentang seni rupa dan 140 contoh soal sbk tentang seni musik.
Ada 140 contoh soal seni budaya kelas 12 tentang seni tari (60 PG + 80 essasy/uraian) yang bisa anda pelajari sebagai referensi belajar online.
Berikut di bawah ini soal sbk dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.
A. Pilihlah huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar dan kerjakan dengan jujur dan mandiri!
1. Kata “appreciation” berasal dari bahasa…
a. Belanda
b. Inggris
c. Yunani
d. Italia
e. Jepang
Jawaban: b
2. Tari Farapeirra berasal dari….
a. Portugis
b. Prancis
c. Spanyol
d. inggris
e. Belanda
Jawaban: a
3. Balet termasuk salah satu contoh tari…
a. kontemporer
b. klasik
c. nasional
d. nusantara
e. internasional
Jawaban: e
4. Kata “appreciatie” berasal dari bahasa….
a. Inggris
b. Belanda
c. Yunani
d. Italia
e. Indonesia
Jawaban: b
5. Sebuah tarian yang masih bersifat sesaat atau sedang proses dikenalkan pada masyarakat disebut tari…..
a. daerah
b.mancanegara
c. klasik
d. kontemporel
e. nasionall
Jawaban: d
6. Puncak-puncak seni tari daerah lain atau kreasi baru yang bernapaskan nasional disebut tari….
a. mancanegara
b. nasional
c. klasik
d. daerah
e. internasional
Jawaban: b
7. tari yang dibawakan secara berpasangan, dapat sesame jenis atau berlawanan jenis dengan penari yag berjumlah genap dan melakukan gerakan berpasangan disebut….
a. individu
b. bebas
c. ganda
d. berpasangan
e. berkelompok
Jawaban: d
8. Tari yang dibawakan secara berkelompok dengan jumlah penari tidak harus genap disebut tari…
a. berkelompok
b. berpasangan
c. ganda
d. tunggal
e. bebas
Jawaban: a
9. Jenis tari yang diperagakan oleh seorang penari disebut tari….
a. berpasangan
b. bebas
c. tunggal
d. ganda
e. kelompok
Jawaban: c
10. Suatu jenis tari dunia yang lahir di amerika, kemudian berkembang ke negara-negara lain disebut tari….
a. klasik
b. modern
c. nasional
d. internasional
e. rakyat
Jawaban: b
11. Tari Cha-cha contoh tari….
a. berpasangan
b. kelompok
c. tunggal
d. bebas
e. individu
Jawaban: a
12. Tari odhisi termasuk contoh tari…
a. klasik
b. berpasangan
c. kelompok
d. tunggal
e. nusantara
Jawaban: d
13. Tari sema Cheoyongmu termasuk contoh tari….
a. berkelompok
b. berpasangan
c. tunggal
d. nusantara
e. individu
Jawaban: a
14. Tarian yang tumbuh dan berkembang di luar Indonesia disebut tari….
a. daerah
b. mancanegara
c. klasik
d. kontemporer
e. nasional
Jawaban: b
15. Tari mancanegara dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok berdasarkan…
a. jumlah penarinya
b. konsepnya
c. jumlah penontonnya
d. keunikannya
e. keindahannya
Jawaban: a
16. Tarian yang tidak berpijak pada pola tradisi dan aturan yang sudah baku disebut tari….
a. tradisional
b. istana
c. klasik
d. nontradisional
e. mancanegara
Jawaban: d
17. Bagian-bagian dari cerita yang kemudian dinamakan sebagai adegan disebut….
a. tema
b. subtema
c. lakon
d. alur
e. sudut pandang
Jawaban: b
18. Tindakan yang akan kita lakukan secara tertulis disebut….
a. rencana kegiatan
b. susunan acara
c. proposal
d. laporan
e. gladi bersih
Jawaban: a
19. Berikut yang tidak termasuk manfaat langsung pergelaran tari adlaah sarana…
a. pengembangan bakat
b. apresiasi
c. komunikasi
d. berekspresi
e. sumber dana
Jawaban: e
20. Manfaat tidaklangsung pergelaran tari adalah sarana….
a. penghalus budi pekerti
b. pengembangan bakat
c. berekspresi
d. komunikasi
e. apresiasi
Jawaban: a
21. Suatu proses untuk menetapkan apa yang akan dicapai dan bagaimana mencapainya disebut….
a. pengklasifikasikan
b. pengorganisasian
c. pengevaluasian
d. perencanaan
e. pendahuluan
Jawaban: d
22. Bagian spesifikasi dalam rangkaian proses kreasi yang dapat diterjemahkan ke dalam gerak-gerak berstruktur disebut….
a. motif
b. garis
c. gambar
d. desain
e. kombinasi
Jawaban: a
23. tari yang diciptakan dengan dasar tarian yag sudah ada sebelumnya disebut tari….
a. tradisional
b. kresi
c. nontradisional
d. adat
e. daerah
Jawaban: b
24. Berikut hal yang tidak perlu dilakukan sebelum menyusun kreasi tarian adalah….
a. kostum
b. pengiring
c. musik
d. gerakan
e. imitasi gerakan
Jawaban: e
25. Bussiness manager langsung dpaat berkordinasi dengan masing-masing seksi dengan sepengetahuan atau bersama-sama dengan….
a. ketua
b. sekertaris
c. bendahara
d. seksi
e. pemerintah
Jawaban: a
a. tragedy
b. apresiasi
c. komunikasi
d. organisasi
e. lembaga
Jawaban: d
27. Totalitas kegiatan meliputi pengamatan, penghayatan, penilaian, dan penghargaan terhadap sesuatu disebut….
a. tragedi
b. aprsiasi
c. komunikasi
d. organisasi
e. lembaga
Jawaban: b
Baca juga:
- Contoh soal UAS Seni Budaya kelas 10 semester 1 K13
- Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 K13
- 35 Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Jawaban Lengkap
28. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum emmbuat perencanaa tertulis, kecuali….
a. menentukan tema prgelaran
b. menentukan tempat pergelaran
c. menentukan rencana kegiatan
d. menyusun program pergelaran
e. menyusun program sumbangan
Jawaban: e
29. Suatu proses penyampaian pesan kepda orang lain secara timbal balik sehingga timbul kesepahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan disebut….
a. tragedy
b. apresiasi
c. komunikasi
d. organisasi
e. lembaga
Jawaban: c
30. Sarana yang diharapkan dapat memberi kejelasan kepada penonton (pembaca) mengenai isi tarian yang hendak disajikan adalah….
a. sinopsis
b. organisasi
c. komunikasi
d. panil
e. katalog
Jawaban: a
Lanjut ke soal nomor 31-60 ==> 140 Contoh soal Seni Budaya Tentang Apresiasi Karya Seni Tari Kelas 12 (PG&Essay) Lengkap Beserta Jawaban Part2