– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku, Halaman 75, 77, 78, 80, 81, 82, 83
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 6 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Tema 6 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 2
Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?Gambar 2 Adalah Sorang yang berprofesi sebagi penyiar
Gambar 3 adalah seorang yang berfropesi sebagai Penari
Gambar 4 adalah Seorang yang berfropesi sebagai Pesulap
Ayo Mengamati
Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki? Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!
Ayo Membaca
Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi
Seorang ibu bernama Supinah, mengisahkan perjalanan hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Tari Gandrung merupakan tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karenanya, pada awalnya penari Gandrung adalah lakilaki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung wanita.Ibu Supinah mulai menjadi penari Gandrung pada usia 14 tahun, yaitu sejak tahun 1979. Ibu Supinah belajar pada sebuah kelompok Tari Gandrung yang dipimpin oleh Akidah, yaitu Gandrung Akidah. Di sana Bu Supinah belajar dengan rajin sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, diperkenankan menari di pentas. Saat itu, Ibu Supinah sering tampil di pentas untuk acara-acara tertentu seperti undangan atau perkawinan yang biasa digelar di masyarakat Banyuwangi.
Ibu Supinah tidak pernah menyesali keputusannya untuk menjadi seorang penari Gandrung. Ibu Supinah bangga karena tari Gandrung melambangkan kesuburan. Ibu Supinah bahkan pernah diundang menari ke mancanegara, seperti Amerika, Korea, dan Cina. Ibu Supinah tidak menyangka bahwa profesinya sebagai penari Gandrung mendapatkan penghormatan yang tinggi. Ibu Supinah bangga telah mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 75
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!1. Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?
2. Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?
3. Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?
4. Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?
5. Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.
Ayo Membaca
Kehidupan seorang penari menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi tentang seorang penari berikut ini!Anggunnya gerak tubuhmu
Lentiknya jemari-jemari berpadu indah
Derap langkah gemulai
Hentakan irama mengalun syahdu
Lirikan mata yang tajam
Berubah sekejap menjadi indah
Kibasan selendang emas bergoyang perlahan
Liukan leher mengundang kekaguman
Menari dan terus menari
Dengan senyum dan ketulusan
Gerakanmu sungguh indah
Karena engkau menari dengan hatimu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 77
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!1. Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
2. Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?
3. Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?
4. Bercerita tentang apakah Puisi Penari? Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut!
5. Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!
Kunci Jawaban Tematik Halaman 78
Ayo Mengamati
Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.Amatilah gambar tari berikut ini!
Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!
Ayo Berlatih
Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut! Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.- Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.
- Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
- Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.
Ayo Membaca
Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati.Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat nya punah.Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi.
Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor.Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.
Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.
Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut.
1. Sumber bahan pangan
Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi,ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.
2. Bahan sandang atau pakaian
Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan.Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.
3. Peralatan rumah tangga
Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras. Beberapa contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus
4. Produk kesehatan
Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 80, 81
Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut.1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.
2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.
3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?
5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?
Kunci Jawaban Halaman 82, 83
Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.
Bandingkan hasil pengamatanmu.
Ceritakan di depan kelas.
Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Halaman 75, 77, 78, 80, 81, 82, 83 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam