– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Halaman 71, 73, 75, 76
Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6
Ayo Membaca
Bacalah dengan saksama bacaan tentang Kongres Perempuan berikut ini!
Kongres Perempuan Indonesia
Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti berbagai wakil organisasi wanita di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyatin. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan atau perikatan di antara perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31 Desember 1929, PPI mengadakan kongres di Jakarta dan mengubah nama PPI menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia).
Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.
Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU tentang perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 71
Ayo Menulis
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Kongres Perempuan Indonesia”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.
Kata Baku dan Tidak Baku | |
---|---|
Kosakata Baku | Kosakata Tidak Baku |
Kongres | Konggres |
Mengubah | Merubah |
Istri | Isteri |
Perserikatan | Perikatan |
Modern | Moderen |
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!
Kunci Jawaban Tematik Halaman 73
Ayo Bernyanyi
Ayo, tumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air dengan menyanyikan lagu berikut!
Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Tanah Air”? Jelaskan
Merasa bangga karena Tanah Air Indonesia begitu berharga dan patut dijaga kelestarian dan keindahannya
Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Tanah Airku”? Jelaskan!
Nada Do = Bes Birama 4/4 Tempo Largetto : lambat namun lebiih cepat daripada largo
Apakah lirik lagu “Tanah Airku” mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air? Jelaskan!
Betapa luas dan indahnya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dari kecintaan terhadap tanah air menunjukkan bahwa untuk menjaga kelestarian dan keindahan tanah air dibutuhkan persatuan dan kesatuan.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.
1. Nilai yang terkandung pada lagu “Tanah Airku” adalah:
Nilai yang terkandung pada lagu Tanah Airku adalah Cinta Tanah air dan Bangsa Indonesia
2. Bagaimana caramu mencintai tanah air?
- Merasa bangga terhadap tanah air Indonesia. rasa bangga itu tentu saja tidak akan muncul tanpa adanya rasa memiliki.
- Tidak akan melakukan perbuatan dan tindakan yang rnerugikan tanah air;
- Setia dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Belajar dengan giat dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita.
Kunci Jawaban Tematik halaman 75, 76
Ayo Berlatih
Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut. Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.
No. | Pernyataan | Sikapku | ||
---|---|---|---|---|
Setuju | Tidak Setuju | Alasan | ||
1. | Mempelajari kesenian dari daerah lain. | √ | - | Mengetahui kesenian daerah lain yang merupakan bagian dari kebudayaan nasional |
2. | Mengagung-agungkan suku bangsanya sendiri. | - | √ | Sikap mengagungkan suku bangsa sendiri akan menimbulkan permusuhan |
3. | Memilih ketua kelas berdasarkan kesamaan daerah asal. | - | √ | Memilih ketua kelas berdasarkan kesamaan daerah menunjukan sikap kurang menghargai perbedaan |
4. | Memilih-milih teman berdasarkan kesamaan daerah asal. | - | √ | Memilih teman hanya sedaerah kurang menghargai perbedaan |
5. | Tidak mengikuti upacara bendera. | - | √ | Tidak menunjukan sikap cinta tanah air |
6. | Mengibarkan bendera Merah Putih setiap hari besar kenegaraan. | √ | - | Mengibarkan bendera setiap hari besar menunjukan sikap cinta tanah air dan bangsa Indonesia |
7. | Mempelajari bahasa asing. | - | √ | Mempelajari bahasa asing memperluas wawasan |
8. | Berdiam diri di rumah ketika ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya. | - | √ | Tidak mengikuti kerja bakti menunjukan sikap kurang menghargai persatuan |
9. | Lebih memilih memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malam. | - | √ | Memilih memberikan upah kepada orang lain menunjukan sikap kurang menghargai kebersamaan di lingkungan sekitar. |
Ayo Berdiskusi
Buatlah satu kelompok belajar. Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah seperti tabel berikut!
No. | Keragaman Suku Bangsa dan Budaya | Sikap yang Ditunjukkan |
---|---|---|
1. | Ada anak yang bersuku lain | Berteman dengan baik dan tidak saling mengejek suku masing-masing |
2. | Ada pertunjukan kesenain daerah lain | Ikut mempelajari dan menyaksikan pertunjukan |
3. | Ada teman sedang melaksanakan upacara adat | Ikut menghadiri dan memberikan perhatian upacara adat teman |
4. | Ada pemilihan ketua kelas | Memilih ketua kelas berdasarkan kemampuan bukan berdasarkan asal daerah. |
5. | Ada teman sedang sakit | Berkunjung dan memberikan semangat walaupun dia berasal dari suku lain |
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 71, 73, 75, 76 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam