Laman

Rabu, 23 September 2015

Resep - Cara Membuat Tape Ketan

Tape merupakan makanan hasil sistem fermentasi dengan cara tradisional yang tidak asing lagi di orang-orang. Tape di proses dari beras, beras ketan maupun singkong. Berbeda dengan makanan lain hasil fermentasi yang hanya memakai 1 mikroorganisme umpamanya pembuatan tempe maupun pembuatan minuman alkohol, pemrosesan tape mengikutsertakan sebagian mikroorganisme.

Resep - Cara Membuat Tape Ketan
Tape mempunyai citarasa yang khas yaitu manis, berasa alkohol serta kadang-kadang sedikit asam. Hal itu dikarenakan ada fermentasi bahan basic jadi tape. Awalannya zat pati yang ada pada bahan dipecah enzim yang dikeluarkan oleh mikroorganisme jadi dekstrin serta gula simpel. Gula yang dihasilkan lalu dihidrolisis jadi alkohol. Fermentasi setelah itu alkohol dioksidasi jadi asam organik salah satunya asam suksinat, asam asetat dan asam malat. Asam asam organik dan alkohol membuahkan ester juga sebagai sisi rasa tape.

Terdapat banyak manfaat dari konsumsi tape ini salah satunya yaitu :

1. Fermentasi tape dapat jadi besar kandungan Vitamin B1 hingga 3 kali lipat. Vitamin itu diperlukan oleh syaraf, sel otot serta sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan benar.

2. Mempunyai beberapa bakteri baik yang aman dikonsumsi. Tape adalah sumber Probiotik untuk badan.

3. Air tape serta tape ketan dapat dibuktikan mempunyai kandungan bakteri asam laktat sebesar 1 juta setiap mililiter atau setiap gr. Hasil fermentasi itu diakui dapat bikin sehat badan lebih-lebih pada system pencernaan karena jadi besar jumlah bakteri baik pada badan serta turunkan jumlah bakteri merugikan.

4. Tape mampu mengikat aflatoksin lalu mengeluarkannya dari pada badan. Aflaktosin yaitu senyawa toksin atau toksik yang di produksi oleh jamur terutama Aspergillus flavus.

5. Makan tape dapat menghindari munculnya anemia karena mikroorganisme yang berjasa dalam fermentasi tape dapat menghasilkan vitamin B12.


Salah satu type tape yaitu tape ketan. Tape ketan di buat dari beras ketan putih yang di proses serta dibungkus memakai daun serta ditaburi ragi serta akhirnya jadi tape ketan yang nikmat serta legit. Yuk kita buat sendiri tape ketan dirumah, karenanya siapkan dulu bahan bahannya.

Bahan bahan yang diperlukan :
  • 1/2 kg beras ketan
  • 1000 ml air
  • 2 sendok makan pasta pandan
  • 400 cc air
  • 3 butir ragi tape
  • 5 sendok makan gula kastor

  • Beras ketan dicuci hingga bersih, lalu di rendam dalam satu liter air yang telah digabung pasta pandan sepanjang semalam. Tiriskan. Beras ketan lalu dikukus sampai masak.
  • Didihkan 400 cc air, siramkan sedikit untuk sedikit pada ketan kukus tadi, aduk-aduk rata. Kukus lagi sepanjang 15 menit, sisihkan serta biarlah hingga betul-betul dingin.
  • Leburkan ragi tape hingga halus.
  • Tempatkan ketan hijau pada suatu wadah, taburkan ragi tipis tipis saja. Tambahkan juga gula kastor, lapisi dengan ketan, tambahkan lagi ragi serta gula. Tutup rapat serta diamkan lebih kurang 3 hari.
  • Sesudah 3 hari tape ketan telah siap dikonsumsi.

Share this: