Laman

Senin, 05 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Dari berbagai jenis jamu yang popular di Indonesia, tidak salah bila disebutkan bahwa jamu beras kencur yaitu yang paling popular karena bisa didapati dimana juga. Bakul jamu gendong pasti membawanya serta jadi disajikan juga menjadi welcome drink pada sebagian restoran kenamaan. Ramuan jamu beras kencur ini sangatlah sederhana, karena hanya datang dari serbuk beras plus kencur yang diseduh memakai air masak. Meski sekian, khasiatnya sangatlah banyak dari mulai kurangi lelah serta lesu hingga meredakan tanda-tanda masuk angin.
Resep Minuman, resep jamu beras kencur dan khasiatnya, resep jamu beras kencur tradisional, resep jamu kunyit asam, resep jamu kunyit asam sirih, resep jamu tradisional alami, resep jamu beras kencur,
Resep - Cara Membuat Jamu Beras Kencur
Wajar apabila beras kencur termasuk daftar jamu yang jadi prioritas untuk dibawa bakul jamu gendong pada Paguyuban Jamu Gendong tersebut. Pada bakul yang mempunyai daya tampung terbatas, jamu beras kencur seakan sebagai jamu wajib yang kudu selalu digendong berkeliling kampung. Di samping karena khasiatnya, jamu beras kencur pun digemari lantaran rasanya tak pahit sama sekali seperti umumnya bayangan orang mengenai jamu. Malahan cita rasanya yang segar menjadikannya kerap dihidangkan sebagai es beras kencur yang merupakan salah satu minuman segar, tidak dianggap jamu dalam pengobatan tradisional.

Minyak atsiri yang terdapat dalam rimpang kencur dinyatakan mempunyai beragam unsur berkhasiat. Unsur unsur tersebut berguna untuk semacam zat analgetic, yakni senyawa yang mempunyai kapasitas dalam menurunkan rasa nyeri atau sakit. Jamu beras kencur pun mempunyai kesanggupan untuk meningkatkan tenaga sebab mempunyai efek stimulan dan peningkat nafsu makan, di samping itu jamu ini juga dapat menghalau beragam gangguan penyakit misalnya radang lambung, batuk, sariawan, gejala keracunan makanan ataupun perut kembung.

Dan berikut adalah panduan cara membuat jamu beras kencur :

Bahan bahan yang diperlukan :
200 g beras
6 jari rimpang kencur
2 jari jahe ukuran besar
250 g gula jawa
2 jari kunyit ukuran kecil
2 buah jeruk nipis
2 sdm asam jawa
2 lembar daun pandan.
Garam sesuai selera

- Pertama beras direndam menggunakan air bersih sampai kira-kira 3 jam.
- Masak jahe, gula jawa, daun pandan, kunyit dan asam jawa dengan 6 gelas air, kemudian disaring.
- Sesudah direbus, ambil kunyit, kencur dan jahe kemudian tumbuk beserta beras sampai halus.
- Siram air rebusan sebelumnya pada tumbukan kencur dan beras sedikit sedikit selanjutnya disaring.
- Masukkan perasan jeruk nipis plus sedikit garam.
- Jika terasa tak begitu manis, boleh juga dimasukkan sedikit gula pasir.
- Minuman jamu beras kencur buatan anda siap untuk dihidangkan. Akan terasa makin nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin dengan ditambah es batu secukupnya. Nah selamat mencoba!

Share this: