Laman

Minggu, 04 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Kimchi

Resep Kimchi - Kimchi merupakan salah satu type makanan Korea yang lezat sekaligus sehat, cocok untuk yang suka makanan asam dan pedas. Kimchi juga melimpah dengan kandungan vitamin dan mineral. Kimchi berasal dari bermacam sayur yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Riset menunjukkan bahwa kimchi dapat kurangi kandungan kolesterol, menghalangi pembentukan sel kanker dan bagus untuk pencernaan serta imunitas badan karena berisi bakteri baik yakni Lactobacillus. Cara membuat kimchi berikut bisa anda lakukan sendiri dirumah. 

Resep Makanan, resep kimchi soup, resep bulgogi, resep kimchi sawi putih, resep kimchi timun, resep kimchi jjigae, resep kimchi pancake, resep kimchi stew, resep kimchi kubis,
Resep - Cara Membuat Kimchi
Bahan bahan yang diperlukan :

1 sawi putih besar.
1/2 buah lobak putih, potong kecil panjang.
4 tangkai daun bawang, potong kecil panjang.
4 siung bawang putih
1 cm jahe yang telah diparut.
6 sendok makan serbuk cabe.
2 sendok teh garam halus
1 sendok makan gula pasir.
1/2 gelas garam kasar.
Air seperlunya.
2 sendok makan saus Korea atau kecap ikan.


  • Cuci bersih sawi.
  • Larutkan garam kasar memakai air matang dalam mangkuk. Rendam sawi tadi dalam larutan garam lebih kurang 6 jam.
  • Ambillah sawi dan cuci memakai air bersih hingga pada sela sela daun sawi lalu ditiriskan. Potong sawi sesuai ukuran yang dikehendaki atau bisa juga dibiarkan utuh.
  • Campur gula pasir, serbuk cabe, bawang putih, jahe, daun bawang, saus ikan, lobak serta garam halus. Oleskan campuran bumbu pada sawi dengan rata. Sembari diremas remas supaya sari sawi keluar.
  • Letakkan pada wadah tertutup rapat kedap udara berupa toples kaca atau lainnya dan diamkan sekiranya dua hari. Hal itu bertujuan supaya bumbu meresap dalam sawi dengan prima.
  • Masakan kimchi siap dimakan jadi makanan pembuka seperti salad atau bisa juga di buat nasi goreng kimchi.
Resep kimchi di atas adalah resep kimchi yang sederhana dan tidak sulit untuk membuatnya dan paling pas dengan kebanyakan lidah orang orang Indonesia. Resep kimchi dapat dimodifikasi menurut selera tiap-tiap orang, namun dengan cara pengolahan yang hampir sama yaitu dengan difermentasi. Anda pun boleh memasukkan sayur jenis lain misalnya kol, wortel, sawi cina, mentimun dan lainnya menurut keinginan anda. Jika anda menggemari makanan pedas, anda bisa memberikan serbuk cabe lebih banyak. Perlu diperhatikan agar tidak menyimpan kimchi yang hendak difermentasi dalam kulkas. Tempatkan toples berisi kimchi di temperatur ruang. Waktu fermentasi yang lebih lama akan lebih bagus, sebab fermentasi terjadi sempurna dan citarasa yang terbentuk akan optimal. Sesudah itu masakan kimchi baru boleh disimpan dalam kulkas. Nah, anda tentu tertarik dan ingin segera merasakan bagaimana sih rasa dari masakan khas Korea yang satu ini. Selamat memasak ya!

Share this: