Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Lemper Ayam

Lemper termasuk juga makanan yang berasal dari ketan dan biasanya mempunyai isi abon maupun daging ayam cicncang dibungkus daun pisang.

Makanan ini popular di seantero Indonesia jadi pengganjal perut menjelang makan utama. Pemrosesan lemper meliputi menyiapkan daging ayam cincang memasak ketan seperti menanak nasi. Selanjutnya daging ayam cincang dibalut nasi ketan lalu ketan itu dibungkus memakai daun pisang berbentuk memanjang sama lontong. Lalu lemper dikukus sampai masak. Setelah menjadi dingin lemper dengan bentuk memanjang itu dipotong-potong miring dengan panjang menurut selera sampai isi berupa daging ayam cincang bakal tampak.

Resep - Cara Membuat Lemper Ayam

Pada ragam pengolahan lemper ini saat ini telah berubah lebih-lebih yang untuk dijual yakni sesudah ketan matang dan diisikan daging ayam cincang, ukuran lemper langsung dibuat menurut ukuran yang dikehendaki dan selanjutnya digulung menggunakan bungkus plastik rangkap dua saling bersilangan. Sesudah itu direkatkan menggunakan isolasi bening dengan tidak mengalami tahap pengukusan dan langsung dijajakan. Hal tersebut untuk mengirit biaya dan waktu.

Ada ragam dari lemper ini yang memakai bahan lapisan crepe yang dibuat dari tepung, aneka bumbu plus telur selanjutnya digoreng yang populer dengan nama semar mendem. Masyarakat pun mengenal istilah arem arem yang memakai nasi bukannya ketan. Dan sekarang saatnya anda membuat sendiri lemper ayam untuk konsumsi keluarga tercinta. Untuk itu siapkan dulu bahan bahannya dan ikuti cara membuat lemper ayam berikut ini.


Bahan bahan yang dibutuhkan :

300 g beras ketan yang di rendam selama satu jam dan lalu ditiriskan
2 helai daun salam
1, 5 tangkai serai yang dipakai batang putihnya saja dan memarkan
1 sdt garam
150 cc santan kelapa
daun pisang untuk bungkus lemper ayam

Bahan bahan untuk isi lemper :

3 potong paha ayam
700 cc air
2 tangkai batang serai, dipakai batang putihnya lalu memarkan
3 helai daun salam
1 sdt garam
1/2 sdt bubuk merica
3/4 sdt gula pasir
130 cc santan kelapa

Bahan bumbu yang dihaluskan :

8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri yang telah disangrai
1, 5 sdt ketumbar 



- Untuk membuat isian lemper, masak ayam bersama air hingga masak. Ambil daging ayam dan suwir suwir dan ambil 300 cc air kaldunya. Campurkan jadi satu suwiran ayam, bumbu halus, batang serai, garam, daun salam, bubuk merica dan gula pasir. Aduk hingga rata. Siramkan air kaldu. Rebus hingga mendidih. Masukkan santan. Panaskan hingga meresap dan kemudian dinginkan.

- Beras ketan dikukus selama 20 menit dan kemudian sisihkan.

- Masak santan, batang serai, daun salam dan garam hingga mendidih. Matikan kompor. Masukkan beras ketan. Rebus hingga meresap. Angkat dan kukus selama 30 menit hingga matang.

- Ambil sejumlah kecil ketan kemudian buat bentuk pipih. Tambahkan isi. Buat menjadi bentuk lonjong. Bungkus menggunakan daun pisang.

- Lemper ayam lezat siap disajikan selagi hangat.

Share this: