Laman

Sabtu, 03 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Lontong


Lontong adalah hidangan khas dari Indonesia yang di buat dari beras yang dibungkus memakai daun pisang dan dimasak menggunakan air beberapa jam dan bila air akan habis, dimasukkan air lagi hingga beberapa kali. Lontong biasanya disajikan bersama sate, rujak, ataupun gule kambing. Cara pemrosesan lontong lebih sederhana dari mmbuat ketupat. Ketupat juga di buat dari beras tapi diisikan dalam anyaman janur dan umumnya didapati di lebaran Idul Fitri karena terdapat budaya Jawa yang menetapkan hari kelima hari raya Idul Fitri yaitu lebaran ketupat. 

resep lontong sayur,resep lontong isi,resep lontong plastik,resep lontong cap gomeh,resep lontong isi oncom,resep lontong sayur betawi,resep lontong balap,resep lontong mie,
Resep - Cara Membuat Lontong

Karena dimasak menggunakan bungkus daun pisang, lontong bisa mempunyai warna hijau dibagian luarnya dan putih di samping dalam. Lontong kerap didapati di beberapa daerah di tanah air kita menjadi makanan pengganti nasi. Meski berasal dari beras, lontong memiliki aroma yang khas berasal dari daun pisang.

Cara membuat lontong ataupun ketupat itu mudah, dengan syarat anda memahami cara dan caranya. Sebab itu ikuti langkah langkah berikut ini : 

- Dalam membuat lontong pertama kali sediakan daun pisang batu yang tak begitu tua. Gunakan lap kering untuk membersihkannya. Potong dengan ukuran kurang lebih 30 x 20 cm.

- Beras dicuci hingga bersih. Anda sebaiknya menggunakan jenis beras pandan wangi, rojolele dan mentik. Kemudian rendam menggunakan air kurang lebih satu jam. Apabila ingin boleh dimasukkan sejumlah kecil air kapur sirih. Kemudian ditiriskan.

- Sediakan lidi daun kelapa untuk menyemat.

- Ambil 2 lembar daun pisang dan buat gulungan dimana sisi hijau menjurus ke dalam dan serupa bentuk silinder. Hal tersebut bertujuan agar lontong mempunyai warna hijau. Semat satu ujung daun menggunakan lidi.

- Masukkan beras dalam gulungan daun pisang sampai kurang lebih separo gulungan kemudian semat ujung yang lain menggunakan lidi.

- Tempatkan lontong dalam panci tinggi dalam keadaan berdiri.

- Masukkan air sampai lontong terendam, boleh juga dimasukkan irisan daun pandan dalam air untuk merebus.

- Rebus menggunakan api sedang kurang lebih 2 jam, kalau air berkurang masukkan air panas. Rebus hingga lontong kenyal dan padat.

- Ambil lontong dan tiriskan dengan keadaan berdiri.

Apabila ingin cara lebih ringkas, anda boleh mengikuti cara berikut ini :

- Masak beras yang telah direndam bersama air sesuai kebutuhan sampai jadi nasi aron (nasi separo matang). Tinggi air kurang lebih 2 cm dari permukaan beras.

- Buat gulungan dari daun pisang dan isi dengan 4 sendok makan nasi aron selanjutnya semat kedua sisi daun menggunakan lidi.

- Sesudah itu rebus lontong seperti umumnya memasak lontong kurang lebih satu jam.

- Apabila tersedia pressure cooker, anda pun boleh menggunakannya. Tempatkan lontong pada pressure cooker ini dan tambahkan air sampai terendam.

- Lontong dimasak kurang lebih 30 menit terhitung ketika panci mulai mendesis.

Share this: