Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Nasi Uduk

Menu nasi uduk pulen dan harum bersama taburan bawang goreng dan sayur soun gurih nan lembut, plus semur jengkol mantap sungguh menggugah selera. Semakin nikmat saat dikonsumsi bersama sambal kacang pedas. Dijamin anda bakal ketagihan! Nasi uduk adalah masakan asli betawi yang di buat dari nasi putih aron dan dikukus bersama santan kelapa dan di beri bumbu berupa kayu manis, pala, jahe, daun serai serta merica.


Hidangan ini lazim disajikan bersama kerupuk emping maupun kerupuk goreng, telur dadar iris, tahu goreng, kering tempe, abon, bawang goreng, ayam goreng dan aneka lalapan yang terdiri dari mentimun, kol maupun daun kemangi. Menu nasi uduk sering digunakan sebagai menu makan pagi dikarenakan banyaknya kalori dan lemak yang ada di dalamnya dengan begitu bisa menunjang kegiatan anda hari itu. Sehingga masakan tersebut biasa kita temui dijajakan pada pagi hari

Resep nasi uduk berikut ini bisa Anda gunakan untuk mengolah menu masakan yang nikmat serta menggugah selera makan anda dan keluarga.

Anda dapat menghidangkannya sebagai sajian sarapan semua anggota keluarga. Pasti semuanya bakal memakannya dengan lahap :

1/2 kg beras putih pulen
800 cc santan berasal dari 1 butir kelapa
4 potong bunga pala
10 biji cengkeh
10 cm kayu manis
2 biji pala yang telah dimemarkan
6 cm lengkuas yang telah dimemarkan
4 batang serai yang telah dimemarkan
4 cm jahe dimemarkan

Bahan tambahan :

300 g kacang tanah digoreng dan dihaluskan
20 buah cabe rawit merah dihaluskan
4 sendok makan cuka masak
Garam sesuai kebutuhan
Bumbu penyedap rasa sesuai kebutuhan
Semua bahan tambahan diatas dimasak hingga mendidih dan menjadi kental.

Bahan untuk bumbu kacang :

1/2 kg kacang tanah digoreng dan ditumbuk halus
2 sendok teh garam
4 sendok makan gula merah
Air sisa untuk merebus daging ayam dididihkan hingga menjadi kental.
Bawang goreng untuk taburan secukupnya



- Cuci berish beras dan kemudian direndam kurang lebih 1/2 jam. Tiriskan dan selanjutnya beras dikukus kurang lebih 1/2 jam, sisihkan.

- Rebus santan dan kemudian tambahkan bunga pala, kayu manis, cengkih, biji pala, lengkuas, jahe dan serai. Rebus sampai mendidih dan santan mengeluarkan aroma wangi. Santan kemudian disaring.

- Tambahkan nasi aron tadi dalam santan panas dengan tidak dipanaskan di atas api atau istilahnya aron darat. Aduk aduk hingga rata dan seluruh santan terserap oleh nasi aron.

- Nasi aron kemudian dikukus kurang lebih satu jam sampai nasi menjadi empuk, sisihkan.

- Hidangkan hangat hangat bersama sambal kacang, taburan bawang goreng plus bermacam lauk seperti ayam goreng,usus, empal, tahu goreng, tempe goreng, sate udang atau yang lebih mantap dengan semur jengkol.

Share this: