Daftar masalah yang kerap dihadapi sewaktu melakukan Verval PD (Peserta Didik) dan solusi atas permasalahan tersebut. Tidak bisa dipungkiri saat melakukan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik atau Verval NISN, operator madrasah menghadapi beberapa kendala dan masalah. Termasuk dalam Verval PD tahap kedua tahun 2016 ini.
Berbagai masalah tersebut, setidaknya ada beberapa yang telah identifikasikan. Termasuk memberikan solusi dan pemecahan yang harus dilakukan dalam menyikapi kendala tersebut. Tentunya dengan harapan agar Verval PD periode ini dapat menghasilkan NISN yang benar-benar valid yang akan bisa dipergunakan oleh anak didik (siswa) di madarasah kita maupun di jenjang pendidikan selanjutnya.
Sebelum berbagai masalah tersebut diuraikan, untuk memudahkan dalam memahami artikel daftar masalah dan solusi verval PD ini, mohon dipahami bahwa data siswa yang ditampilkan dalam residu Verval PD terdiri atas dua macam, yaitu:
- Data Siswa Berdasarkan EMIS Tahun Pelajaran 2015/2016. Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bagian atas pada menu residu.
- Data Siswa Berdasarkan Database NISN PDSP (Hasil Pencarian). Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bagian bawah pada menu residu (hasil pencarian data yang terindikasi sama). Data akan muncul saat salah satu nama pada data di bagian atas di klik.
Daftar Permasalahan dalam Verval PD dan Solusinya
1. Tidak Bisa Login
- Pastikan alamat laman yang dimasukkan sudah benar, yaitu: http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/. Karena banyak kejadian, rekan-rekan operator madrasah yang masih salah menuliskan alamat laman Verval PD Kemenag dengan Verval PD Kemdikbud.
- Pastikan akun yang digunakan untuk login adalah akun admin Kab./Kota. Bukan akun operator madrasah. Untuk mengetahui email dan password akun Kab/Kota, silakan hubungi Penma Kab/Kota masing-masing.
- Koneksi internet yang tidak stabil. Koneksi internet yang bermasalah dapat mengakibatkan gagallogin ke laman Verval PD. Karena pastikan menggunakan layanan internet yang stabil dan memiliki signal kuat di daerah tersebut.
2. Laman VervalPD Terbuka tetapi Tidak Sempurna
- Gunakan koneksi internet yang kuat dan stabil
- Ganti browser internet. Jika bermasalah saat membuka dengan menggunakan Google Chrome, cobalah gunakan browser lainnya semisal Mozila Firefox, Safari, atau lainnya.
- Lakukan Verval di waktu yang sekiranya sepi dari pengguna lain.
3. Data Siswa Tidak Muncul Seluruhnya atau Sebagian
- Pastikan telah mengklik tanda segitiga di depan nama kecamatan lalu nama madrasah. Jika tidak, maka data siswa memang tampak kosong.
- Pastikan telah mengupload data emis online pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Karena data siswa didasarkan pada hasil upload Emis 2015/2016, maka bagi madrasah yang tidak mengupload data emis, tentu data siswanya akan kosong. Pun demikian jika nama seorang siswa tidak terdaftar pada data emis, maka nama siswa tersebut pun tidak akan muncul.
- Jika terdapat data siswa yang tidak muncul sebagain atau seluruhnya, silakan tunggu Verval PD periode selanjutnya, dengan memastikan mengisi dan mengupload data emis pada periode saat ini.
- Hubungi Admin Emis Kab/Kota untuk dilaporkan ke Admin Emis Kanwil yang akan meneruskannya ke Admin Emis Pusat.
4. Kolom Pencarian NISN Tidak Memunculkan Hasil
5. Data Berbeda; Data di Kolom Atas Sudah Benar
- Nama di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
- Tempat dan tanggal lahir di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
- Nama ibu kandung di kolom bawah kosong
6. Data Beda; Data di Kolom Atas Salah
- Klik 'Match' lalu setelah proses verval selesai lakukan Ajuan Perubahan Data. Ajuan Perubahan Data dilakukan melalui menu 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'Nama & tanggal Lahir' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > muncul daftar nama siswa, klik nama siswa yang akan diedit > klik 'OK' > muncul isian, isikan 'Nama Baru' dan 'Tanggal Lahir Baru' lalu upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran atau Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan akan di verval oleh Admin Kanwil Kemenag.
- Tunggu Verval PD periode berikutnya (bisa diklik 'Match' atau dibiarkan) dengan catatan dalam pengisian emis berikutnya, data siswa tersebut harus benar.
7. NISN Tidak Sesuai dengan Tahun Kelahiran
Jika siswa telah memiliki NISN namun belum tertulis dalam dokumen resmi seperti ijazah atau SKHU, seperti siswa kelas 1-5 MI, ada dua solusi yang bisa dilakukan, yaitu:
- Cara Lama: Ajukan perubahan NISN. Caranya menu 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'NISN' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > muncul daftar nama siswa, klik nama siswa yang akan diedit > klik 'OK'. Muncul isian, isikan NISN (dengan digit kedua dan ketiga sesuai tahun lahir) yang diinginkan lalu klik 'Ceck NISN' lalu upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran atau Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan akan diverval oleh Admin PDSP Kemdikbud.
- Cara Cepat: Klik 'Not Macth' dan siswa tersebut akan diberikan NISN baru yang sesuai dengan tahun kelahirannya.
8. Kolom Pencarian NISN Kosong Padahal Punya NISN
- Mengajukan Perubahan NISN
- Klik 'Not Macth' sehingga siswa tersebut akan diberikan NISN baru.
9. Membatalkan Verval
10. Menyalin / Menyimpan NISN dan Data Siswa
11. Hasil di Situs Pencarian NISN Berbeda dengan Verval PD
- Klik menu 'Konfirmasi Data'
- Klik 'kecamatan' lalu klik 'nama madrasah'
- Klik menu 'Data terindikasi sama / mirip / sesuai
- Muncul daftar siswa
- Klik kotak di depan NISN (paling atas) hingga semua data tercetang
- Klik OK
- Muncul konfirmasi, klik OK
- Ulangi langkah 5 - 7 hingga semua siswa dalam daftar habis.