Resep - Cara Membuat Batagor Khas Bandung Asli yang Lezat

Rasanya mustahil ada yang tidak tahu makanan dari bandung ini, makanan dengan bahan basic tahu ini telah jadi ikon kuliner kota Bandung. Gabungan saus kacang serta sambal pedas plus kecap manis membuat Batagor cocok disantap setiap saat. Batagor yaitu akronim dari bakso tahu goreng adalah makanan asli daerah Bandung yang mengikuti style Tionghoa serta sekarang ini sudah menebar hampir di seantero pelosok lokasi Indonesia. Batagor paling pas jika disandingkan berbarengan sambal kacang, karena jika dipadukan dengan yang lain citarasa batagor ikan tengiri bakal merasa hambar.

Resep - Cara Membuat Batagor Khas Bandung Asli yang Lezat
Langkah bikin batagor simpel saja, walau demikian ada suatu strategi yang harus diingat yaitu waktu menggoreng batagor sebaiknya semua sisi tahu dan pangsit terendam dalam minyak goreng agar citarasa Batagor semakin gurih serta nikmat. Saat ini kita siapkan dulu bahan bahan yang dibutuhkan.

Bahan bahan :

1/2 kg ikan tengiri yang sudah dilumatkan hingga halus
1/2 liter air es
1/2 kg tepung kanji
4 helai daun bawang yang sudah diiris kecil kecil
4 batang seledri yang sudah diiris kecil kecil
6 siung bawang putih dicincang
2 sendok teh garam
1 sendok teh bubuk merica
12 potong tahu putih, potong menurut hasrat
16 lembar kulit pangsit
minyak goreng untuk menggoreng

Bahan bahan untuk saus kacang :

1/2 kg kacang tanah yang telah digoreng
4 cabai merah
10 siung bawang putih
200 g gula merah
800 ml air matang

Blender seluruhnya bahan untuk bikin saus kacang diatas serta masak memakai api sedang hingga mendidih serta jadi kental.


  • Letakkan ikan tengiri dalam baskom, imbuhkan air es serta uleni sampai membuat adonan. Masukkan tepung kanji, irisan daun bawang, irisan seledri, bawang putih, merica bubuk serta garam. Uleni lagi hingga seluruhnya bahan tercampur rata. Buat adonan jadi 3 sisi di mana masing-masing sisi yaitu untuk isi tahu, untuk isi pangsit serta untuk bakso.
  • Irislah tahu dengan cara diagonal hingga jadi bentuk segitiga. Buat lubang ditengah serta isikan adonan. Lakukan untuk semua paham lalu sisihkan. Ambillah satu lembar kulit pangsit serta isi dengan adonan, buat jadi satu ujung-ujungnya hingga sama-sama menempel. Lakukan untuk seluruhnya kulit pangsit serta sisihkan.
  • Goreng tahu isi serta pangsit hingga berwarna kuning kecoklatan serta lalu angkat dari penggorengan.
  • Ambillah bekas adonan memakai dua sendok juga sebagai cetakan berupa bulat serta goreng hingga berwarna kuning kecoklatan
  • Hidangkan tahu, pangsit dan bakso goreng pada piring. Bisa dipotong potong atau hidangkan utuh. Siram saus kacang di atasnya. Hidangkan berbarengan saus cabai dan kecap manis. Apabila inginkan, anda bisa memberikan lantas sebagian tetes air jeruk limau.