Resep - Cara Membuat Tape Ketan Hitam Legit

Tape yang satu ini paling nikmat disantap dalam kondisi dingin. Digunakan sebagai campuran es campur, dijadikan es tape, puding ataupun disantap langsung pun tetap nikmat. Dengan tekstur yang agak berair dan renyah sekaligus baunya yang harum menjadikan tape yang satu ini sering dibeli masyarakat lebih-lebih di waktu puasa.

Resep - Cara Membuat Tape Ketan Hitam Legit

Tape adalah satu diantara teknik mengawetkan makanan menggunakan teknik fermentasi. Di sejumlah wilayah di Indonesia tape ketan adalah salah satu makanan ringan yang menjadi kegemaran. Tape ketan ada yang dibuat dari beras ketan putih dan ada yang dibuat dari beras ketan hitam. Sesudah dicuci, beras ketan selanjutnya ditiriskan kemudian dikukus sampai matang. Ketan kukus tersebut dibiarkan dingin kemudian ditaburi ragi halus dan ditempatkan pada wadah tertutup kurang lebih 3sampai 4 hari sampai berair. Taburan ragi menjadikan ketan terjadi proses fermentasi dan memecah karbohidrat jadi gula.

Guna meningkatkan citarasa, ketan ditambah air daun pandan dan daun suji sehingga warnanya hijau dan wangi. Di sejumlah daerah tape ketan ini dikemas dalam daun pisang ataupun daun waru dengan ukuran sedang ataupun kecil. Aroma wanginya menjadi kian sedap. Apabila terbuat dari ketan hitam akan jadi tape ketan hitam. Tape ketan yang telah mengalami proses fermentasi yang lama akan kian berair. Tape ketan itulah yang selanjutnya ditambahkan es batu dan air untuk diminum sebagai es tape seperti yang banyak dijajakan di kota Muntilan Magelang Jawa Tengah.

Di daerah Jawa Timur tape ketan diolah menggunakan tambahan gula sampai kering serta kental kemudian didinginkan. Campuran tersebut kemudian dikemas kecil dan populer dengan sebutan madu mongso. Bila ingin membeli tape ketan sudah jadi, hendaknya pilih yang sudah jadi. Cirinya butir ketan terasa empuk dan berair di tepiannya. Tape ketan yang telah matang atau proses fermentasinya sempurna apabila dibiarkan di temperatur kamar maka akan kian berair. Sebab itu ada baiknya simpan dalam tempat tertutup di kulkas. Atau beli tape ketan dengan jumlah yang dibutuhkan saja. Dengan tekstur yang empuk, aroma yang harum dan airnya yang manis menjadikan tape yang satu ini sulit untuk ditampik.

Bahan bahan yang diperlukan :
  • 500 gram beras ketan hitam dicuci bersih dan direndam semalaman
  • 150 cc air
  • 1 helai daun pandan
  • 1/2 butir ragi tape bundar ditumbuk halus
  • Daun pisang sesuai keperluan

  • Beras ketan hitam dikukus sampai separo matang sekitar setengah jam.
  • Masak air bersama daun pandan sampai mendidih. Selanjutnya masukkan beras ketan hitam. Aduk hingga agak kering.
  • Ketan hitam dikukus lagi sampai matang. Angkat dan dinginkan. Tambahkan ragi. Kemas menggunakan daun pisang dan biarkan selama 3 hari hingga beraroma khas.
  • Tape ketan hitam siap disantap atau diolah lagi.