Resep - Cara Membuat Bubur Sumsum Manis Gurih

Aktifitas memasak dan membuat kue adalah kegiatan yang mengasyikkan. Sediakan sebentar waktu Anda untuk aktivitas ini. Memasak diakui dapat menyingkirkan perasaan bosan dan pikiran yang letih. Membuat bubur sumsumbisa juga sebagai salah satu alternatif. Bisa jadi makanan ini sudah tidak aneh lagi untuk Anda. Banyak pedagang di sepanjang jalan yang menjual bubur sumsum ini. Citarasa dan tekstur lembutnya menjadikan setiap orang menyukainya. Bubur sumsum adalah santapan dari tepung beras dengan saus gula aren. Makanan yang satu ini memiliki rasa manis sekaligus gurih. Citarasa manis didapat dari kuah gula merah adapun citarasa gurih bersumber dari santan kelapa. Kombinasi rasa ini menciptakan citarasa khas Indonesia.

Makanan bubur sumsum sangat populer di wilayah pulau Jawa. Jenis makanan ini sering terlihat pada gelaran tahlilan pada pernikahan maupun kelahiran jabang bayi. Diyakini, bubur sumsum ini merupakan lambang kekuatan. Cocok dengan sebutannya, sumsum yang merujuk pada bagian dalam tulang. Kecuali itu, warna putih pun identik dengan warna putih tulang. Bubur sumsum pun populer di wilayah Malaysia maupun Brunei. Cuma namanya saja yang lain. Tampilan dan cita rasanya masih sama. Hal itu lantaran resep bubur sumsum yang dipakai pun persis sama.

Sekarang ini ini sudah hadir beragam jenis bubur sumsum. Resep bubur sumsum tetap sama, yang membuatnya beda yaitu kuah kincanya. Pada resep bubur sumsum yang original, saus kinca cukup terbikin dari gula aren dengan wangi daun pandan. Adapun resep bubur sumsum yang baru, ada sedikit pelengkap. Di saus kincanya biasanya dimasukkan candil, biji mutiara, irisan durian, nangka atau pisang. Di samping menambah rasa, juga semakin terlihat menggiurkan. Terkadang ada pula yang mencampurkan irisan buah alpukat, pipilan jagung dan kolang kaling.

Bubur sumsum yang resep aslinya terbuat dari tepung beras dan cara memasaknya juga begitu mudah. Bisa dikonsumsi kapan pun, menjadi alternatif sarapan ataupun makanan di kala santai. Cara membuat bubur sumsum berikut dapat anda gunakan untuk membuat bubur sumsum sendiri dirumah:

Bahan bahan yang dibutuhkan :

200 gr tepung beras
1, 5 liter santan kelapa
1/2 sendok teh garam atau sesuai selera
3 lembar daun pandan buat simpul

Bahan kuah kinca :

400 gr gula merah yang disisir tipis
100 gr gula pasir
1/2 litr air
2 lembar daun pandan yang dipotong kecil kecil 

  • Campurkan tepung beras bersama sebagian santan plus garam kemudian kocok sampai merata.
  • Rebus sisa santan beserta pandan seraya diaduk terus sampai mendidih. Siramkan dalam larutan tepung beras, aduk sampai mengental dan mendidih. Angkat dari api.
  • Untuk membuat kuah kinca, rebus seluruh bahan sampai mendidih. Ambil dari kompor dan segera saring menggunakan saringan.
  • Bubur sumsum lezat siap disajikan bersama kuah manisnya.