Resep - Cara Membuat Gudeg Khas Jogja

Jika seseorang menyebut gudeg pasti orang yang mendengar akan teringat pada kota asal masakan ini, Yogyakarta. Gudeg dengan rasa manis dan khas ini merupakan satu di antara kekayaan kuliner tanah air yang layak dibanggakan. Gudeg terbuat dari nangka muda dan daun jati yang di proses menggunakan santan. Kecuali daun jati, manggar atau bunga kelapa serta jantung pisang juga sering dimanfaatkan menjadi bahan gudeg. Cita rasanya juga tak kalah nikmat. Gudeg termasuk juga hidangan luar biasa dan memerlukan waktu lama dalam memasaknya. Sehingga, tak usah heran jika masyarakat Yogyakarta yang pulang kampung selalu mencari gudeg.
Resep Makanan, resep gudeg jogja kering, resep gudeg jogja komplit, resep gudeg jogja asli, resep sambal goreng krecek, resep opor ayam, resep gudeg slow cooker,
Resep - Cara Membuat Gudeg Khas Jogja
Perkembangan zaman ternyata juga menyebabkan beberapa perubahan dalam cara membuat gudeg. Daun jati yang sebelumnya mesti ada dan berguna membuat warna merah sekaligus membuat lembut gudeg sekarang ini makin sulit didapati hingga sekarang lebih sering digunakan panci presto yang dapat membuat lembut gudeg seketika. Akan tetapi apresiasi masyarakat pada gudeg tidak pernah surut, gudeg terus menjadi favorite dan bisa anda jumpai dimana mana.

Bahan bahan :

1/2 kg nangka muda yang diiris-iris
1 liter air
5 lembar daun jati muda
40 g gula merah
2 ruas jari lengkuas yang dimemarkan
1 lembar daun salam
400 cc santan

Bumbu yang dihaluskan :

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar yang disangrai
3 butir kemiri yang disangrai


  • Sebelumnya dasar panci diberi alas 3 lembar daun jati, selanjutnya masukkan nangka muda dan tambahkan air kemudian tutup lagi menggunakan sisa daun jati.
  • Masak nangka muda menggunakan api kecil dalam 3 jam.
  • Menggunakan panci lain, masak santan beserta bumbu yang dihaluskan ditambah gula merah, daun salam dan lengkuas seraya diaduk-aduk sampai mendidih. Masukkan santan dalam rebusan nangka, masak dalam satu jam sampai mengering.
  • Supaya makin tahan lama, ada baiknya gudeg dikukus lagi.
  • Gudeg siap dihidangkan dengan lauk pelengkap.