Resep - Cara Membuat Gado Gado Betawi

Kenikmatan gado gado bisa anda jumpai di seantero pelosok Jakarta. Walau demikian, boleh jadi Anda tidak tahu bahwa kudapan asli betawi itu aslinya tidak menggunakan sayur kangkung namun bayam. Makanan gado gado disukai banyak kalangan. Citarasa sambal kacang dan segarnya aneka sayur rebus jadi ciri uniknya. Cara membuat gado gado Betawi tidak sulit. Aneka sayur sejenis tauge, kol, labu siam muda, bayam serta, kacang panjang cukup dimasak hingga empuk. Sajian asli Betawi ini dipercaya sebagai kuliner turunan Cina yang mengikuti pecel asli Jakarta dan menu Belanda. Sekarang ini gado gado Betawi adalah satu di antara 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia. Karakteristiknya yaitu siraman saus kacang yang enak. Meskipun anda jauh dari Jakarta, anda masih tetap dapat menikmati gado gado asli Betawi dengan membuatnya sendiri dirumah.

Resep Makanan, resep masakan gado gado betawi, resep membuat gado gado betawi, resep bumbu gado gado betawi, gado gado spesial, resep gado gado pengantin, resep gado gado ulek, resep gado gado boplo,
Resep - Cara Membuat Gado Gado Betawi

Untuk itu simak penjelasannya di bawah ini :

Bahan bahan yang diperlukan :

200 gr kacang panjang
175 gr tauge
175 gr bayam, gunakan tangkai dan daunnya
150 gr kubis diiris-iris kecil
200 gr mentimun yang diiris-iris kecil
300 gr kentang yang di rebus dan diiris dadu 1x1 cm
300 gr tahu kuning yang digoreng dan dipotong dadu 1x1 cm
4 butir telur yang di rebus lalu dibagi dua
4 sendok makan bawang goreng
8 lembar kerupuk udang digoreng
4 butir jeruk nipis dibagi dua
20 lembar kerupuk emping digoreng

Bahan saus kacang :

4 buah cabe merah
4 buah cabe rawit
1 sendok teh terasi yang dibakar
2 sendok teh garam
175 gr kenari yang digoreng dan lalu ditumbuk halus
175 gr kacang tanah digoreng dan ditumbuk halus
4 sendok teh gula merah
1, 5 sendok makan air asam jawa
Kecap manis secukupnya
750 ml air


  • Tauge, kacang panjang, bayam dan kol direbus sampai lunak. Ambil dan ditiriskan.
  • Ulek cabe merah, cabe rawit, terasi serta garam sampai halus. Masukkan kenari sekaligus kacang tanah sembari diulek terus.
  • Masukkan air asam, gula merah, air serta kecap manis. Ulek sampai tercampur merata. Masak saus dalam wajan sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, kemudian ambil sari jeruk nipis dan masukkan ke saus kacang dan aduk sampai rata.
  • Gado gado siap untuk disajikan dngan menempatkan sayur dan mentimun segar pada piring saji. Imbuhkan kentang rebus, telur rebus dan tahu goreng. Tuang saus kacang di atas sayur dan taburi bawang goreng, kerupuk udang plus emping.

Gado gado Betawi ini cocoknya dimakan sebagai lauk teman nasi atau lontong, namun nikmat juga dimakan begitu saja. Makin nikmat jika ditemani dengan segelas es buah segar.