Resep - Cara Membuat Kue Lapis

Kue lapis adalah kudapan khas dari Indonesia. Kue ini biasanya tersusun atas dua warna berlapis lapis. Itulah sebabnya disebut kue lapis. Kue lezat ini dikukus tiap-tiap lapisnya sebelum selanjutnya lapis di atasnya dimasukkan. Kue ini kerap didapati di beberapa daerah di Indonesia. Pewarna makanan yang digunakan untuk mewarnai kue lapis bisa dari pewarna makanan buatan ataupun pewarna makanan alami. Pewarna yang sering digunakan adalah daun pandan untuk memberi warna hijau dan sirup mawar untuk bikin warna merah. 

resep kue basah,resep kue lapis beras,resep kue lapis legit,resep kue lapis singkong,resep kue lapis susu,resep kue lapis legit keju,resep kue lapis mandarin,resep kue lapis sagu,
Resep - Cara Membuat Kue Lapis
Kue lapis yang mempunyai rasa manis, gurih serta kenyal ini tetap disukai masyarakat dari waktu ke waktu. Anda tidak hanya dapat menyantapnya saja, anda juga dapat membuatnya sendiri berdasarkan pada resep sederhana di bawah ini.

Bahan bahan yang dipakai :

500 g tepung beras kwalitas bagus
200 g tepung sagu
500 g gula pasir
1 liter santan cair
1 sendok teh garam
6 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk nipis
Pewarna makanan hijau muda seperlunya
Pasta pandan
Pasta cokelat seperlunya



- Masak santan bersama daun pandan, daun jeruk nipis dan garam. Aduk aduk terus agar santan tak pecah. Sisihkan agar dingin. Ambil daun pandan serta daun jeruk nipis.

- Campurkan tepung beras, tepung sagu serta gula menjadi satu masukkan santan yang sudah dingin sedikit sedikit sembari diaduk. Pastikan adonan jadi licin dengan tidak terdapat gumpalan.

- Bagi adonan jadi 3 bagian. Satu bagian ditambahkan pasta cokelat, satu bagian ditambahkan pasta pandan dan kalau pasta pandan masih terlihat pucat, masukkan pewarna makanan hijau muda seperlunya kemudian aduk hingga rata.

- Sediakan loyang dengan ukuran 18 x 18 x 18 cm yang sudah diolesi minyak goreng. Tempatkan loyang dalam dandang dengan air yang telah mendidih.

- Tuangkan kurang lebih 125 cc adonan berwarna putih. Matangkan dalam 5 menit, kemudian siramkan adonan berwarna hijau, demikian selanjutnya selang seling sampai adonan habis.

- Kukus adonan dalam loyang selama setengah jam dan kemudian angkat.

- Iris iris kue lapis menurut keinginan dan sajikan.

Kue lapis yang lezat ini dapat anda sajikan untuk keluarga di sore hari ketika seluruh anggota keluarga berkumpul menikmati sore. Makin sempurna bila dilengkapi dengan segelas teh hangat sebagai minumannya. Selamat membuat kue lapis!