Resep - Cara Membuat Kue Sus

Kue sus yang dalam bhs Belanda disebut soes adalah kue berwujud bulat yang mempunyai rongga dengan isi vla, custard maupun daging. Kue sus isi vla maupun custard disajikan sesudah disimpan dalam kulkas, karena vla ataupun custard yang terbuat dari susu mudah basi.

Resep - Cara Membuat Kue Sus

Lain dibandingkan adonan kue bolu ataupun cake, adonan untuk sus tak diperoleh lewat mengocok telur, mentega dan gula. Campuran bahan untuk kue sus dibuat dengan memasukkan terigu dalam kombinasi air yang di rebus bareng margarin atau mentega hingga mendidih. Telur dimasukkan satu demi satu pada adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket pada panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang sejenis soda kue ataupun baking powder. Mixer cuma dipakai agar kue sus mengembang lebih menarik saat dilakukan pemanggangan.

Alat oven yang dipakai memanggang kue sus harus mencapai panas 220 derajat Celsius. Panas oven akan mengakibatkan kadar air pada adonan berubah jadi uap. Kandungan telur pada adonan akan menciptakan struktur kue yang tipis, sementara uap yang terjebak dalam adonan akan menciptakan rongga pada sebelah dalam kue. Adonan yang hampir sama seperti adonan kue sus pun dipakai untuk membuat aneka kue serupa, contohnya: eclair, croquembouche, French fritter serta gougère. Sejumlah kreasi kue sus pun selalu berkembang, hasilnya tampilan kue sus tak lagi bundar, muncul pula kue sus dengan bentuk menyerupai angsa. Terdapat kue sus kering dan ada pula kue sus basah, terserah dari cara penyajian.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

Bahan untuk kulit sus :

40 gr margarin
200 cc air
80 gr tepung terigu
40 gr tepung ganyong
8 butir telur

Bahan untuk isi sus :

600 cc susu
60 gr tepung maizena
2 butir telur di ambil kuningnya
100 gr gula pasir
Vanili sesuai kebutuhan
2 sendok teh margarin
Rum seperlunya bila menginginkan



- Untuk membuat kulit sus : lelehkan margarin dengan air, tambahkan terigu serta tepung ganyong, aduk hingga menggumpal dan warnanya berubah, sisihkan. Sesudah lumayan dingin tambahkan telur, aduk aduk hinga rata. Isikan adonan dalam cetakan bulat kecil yang sudah diberi olesan margarin, kemudian panggang menggunakan oven sampai matang kira kira 45 menit kemudian ambil.

- Untuk membuat isi sus : masak susu beserta tepung maizena kemudian aduk hingga mengental. Tambahkan gula, aduk lagi sampai tercampur rata. Kocok kuning telur, tuangkan sejumlah kecil adonan susu sembari diaduk, kemudian tuangkan lagi dalam panci, panaskan sampai mendidih sembari terus diaduk, sisihkan. Tambahkan margarin atau rum bila menginginkan, aduk sampai rata, angkat.

- Buka kulit sus yang sudah dingin dan isikan adonan, selanjutnya percantik dengan irisan stroberi.

- Kue sus buatan sendiri siap disajikan.