Resep - Cara Membuat Lapis Legit Prunes

Lapis legit adalah salah satu hidangan wajib saat hari raya. Kue dengan tampilan berlapis-lapis kuning dan semburat cokelat dengan aroma khas kayu manis. Kalau digigit, teksturnya begitu empuk serta lembut. Lapis legit atau spekkoek merupakan kue tradisional yang masih jadi favorite sepanjang zaman. Karena tampilannya yang berlapis-lapis itu maka disebut spekkoek. Spek berarti lemak dan koek berarti kue. Kunci membuat lapis legit yang lezat yaitu di bumbu spekkoek yang dipakai. Tersusun dari 12 hingga 20 susunan dengan menggunakan lebih kurang 30 telur atau malah lebih setiap loyangnya. Karenanya tekstur lapis legit sangatlah empuk, agak lembek dan legit. Lebih-lebih bila adonannya disertakan juga bumbu spekkoek. Wajar jika harga nya cukup mahal. 

Resep Kue, resep lapis legit ncc, resep lapis legit prunes ny liem, resep lapis legit keju, resep lapis legit kukus, resep lapis legit irit telur, ekonomis, enak, resep lapis legit gulung,
Resep - Cara Membuat Lapis Legit Prunes
Bila anda menganggapnya mahal, kenapa anda tidak membuatnya sendiri dirumah? Resep lapis legit prunes berikut rasanya tidak kalah dengan lapis legit yang biasa di jual di supermarket yang bernilai mahal. Mari kita siapkan bahan bahannya lebih dulu.

Bahan bahan yang dipakai :

180 gr butter
120 gr margarin
2 sendok makan susu kental manis
1/2 sendok makan bumbu spekkoek
18 butir telur dipakai kuningnya saja
210 gr gula halus
60 gr terigu
200 gr manisan buah prunes, singkirkan bijinya dan lalu dilebarkan



- Mixer butter dan margarin hingga berwarna putih dan lembut, masukkan susu kental manis dan bumbu spekkoek. Kocok lagi hingga merata.

- Mixer kuning telur plus gula halus hingga mengental dan berwarna putih. Tuangkan adonan mentega sedikit demi sedikit sembari diaduk aduk hingga merata.

- Tambahkan terigu sedikit sedikit seraya diaduk aduk hingga tercampur rata.

- Sediakan loyang segi enam dengan kapasitas 1.5 l. Berikan alas kertas roti dan kemudian oleskan mentega.

- Tuangkan 1 sendok makan adonan dan diratakan. Selanjutnya panggang memakai oven dan menggunakan api bawah hingga berwarna kecoklatan. Ambil dari dalam oven.

- Tuangkan kembali 1 sendok makan adonan kemudian diratakan. Panggang dengan api atas hingga berwarna kecokelatan kemudian keluarkan dari oven. Untuk tiap lapisan ke-5 tambahkan buah prunes. Ulangi lagi hingga adonan habis.

- Jika kue lapis legit telah sampai 1/3 bagian loyang, tiap-tiap lapisan selanjutnya dituangkan 2 sendok makan adonan.

- Kue lapis legit prunes kemudian diiris iris dan siap untuk dihidangkan. Kue lapis legit yang lembut dilidah akan makin lezat dengan sensasi rasa buah prunes. Anda dapat menghidangkan lapis legit ini sebagai cemilan kala sore hari saat berkumpul dengan seluruh anggota keluarga.