Resep - Cara Membuat Lapis Surabaya

Kue tradisional yang berasal dari masing-masing daerah di Indonesia memang banyak, salah satunya yaitu kue lapis Surabaya. Meski kue lapis ini adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya, walau demikian sekarang ini sudah populer hingga ke beberapa daerah lain di Indonesia. Lapis surabaya populer enak dengan tekstur yang lembut, begitu enak di lidah hingga cocok menjadi menu hari raya apakah itu Natal, Idul Fitri maupun untuk sajian di acara keluarga. Kue lapis Surabaya yang memiliki 2 susunan kuning serta coklat ini sangat digemari. Tidak cuma dapat membayangkan, tetapi anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah. Yuk kita buat sekarang, akan tetapi siapkan dulu bahan bahannya.
Kue tradisional yang berasal dari tiap-tiap daerah di Indonesia memang banyak, satu diantaranya adalah kue lapis Surabaya. Kendati kue lapis ini adalah salah satu buah tangan khas Surabaya, akan tetapi saat ini sudah terkenal sampai ke sejumlah daerah lain di Indonesia. Lapis surabaya terkenal enak dengan tekstur yang lembut, begitu enak di lidah sehingga pas menjadi menu hari raya apakah itu Natal, Idul Fitri maupun untuk sajian di acara keluarga. Kue lapis Surabaya yang mempunyai 2 lapisan kuning dan coklat ini demikian digemari. Tak hanya bisa membayangkan,namun anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk kita buat sekarang, namun siapkan dulu bahan bahannya.  Bahan bahan yang diperlukan :  Bahan untuk lapis kuning :  20 g terigu protein sedang 6 butir telur digunakan kuningnya saja 50 g gula pasir 10 g tepung maizena 5 g susu bubuk 100 g margarin atau boleh juga kombinasi 60 g margarin ditambah 40 g mentega, namun tak memakai emulsifier 1/2 sdt emulsifier 1/2 sdm susu kental manis putih  Bahan untuk lapis cokelat :  15 g terigu protein sedang  7 butir telur digunakan kuningnya saja  75 g gula pasir  5 g susu bubuk  10 g cokelat bubuk  100 g margarin atau boleh juga kombinasi 60 g margarin ditambah 40 g mentega, namun tak memakai emulsifier  1/2 sdt emulsifier  1/2 sdm susu kental manis putih  Bahan untuk perekat lapis kuning dan coklat : selai strawberry sesuai kebutuhan  Cara membuat lapis Surabaya :  - Mixer margarin plus mentega hingga berwarna putih, masukkan 1/2 sdm susu kental manis kemudian mixer lagi sampai rata. Sisihkan.      - Mixer kuning telur, gula pasir serta emulsifier sampai mengembang kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena sekaligus susu bubuk sembari diayak dan aduk sampai rata. Sedangkan pada lapis coklat, masukkan coklat bubuk. Sesudah tercampur rata tambahkan hasil mixer margarin dan mentega sedikit sedikit sembari diaduk aduk hingga rata.      - Sediakan loyang berukuran 24x24x4cm atau boleh juga ukuran lain menurut selera, oleskan minyak goreng atau margarin dan tambahkan alas kertas roti.      - Tempatkan adonan dalam oven panas yang mempunyai temperatur 190 derajat celcius kurang lebih 20 menit hingga matang. Kerjakan hal yang sama pada lapisan coklat. Sisihkan agar dingin.      - Paling akhir ambil satu lembar kue lapis kuning selanjutnya olesi menggunakan selai. Letakkan lapisan coklat di atasnya dan olesi lagi menggunakan selai dan terakhir letakkan lapisan kuning kemudian  padatkan.      - Kue lapis Surabaya siap dipotong menurut selera dan segera hidangkan.
Resep - Cara Membuat Lapis Surabaya
Bahan bahan yang dibutuhkan :

Bahan untuk lapis kuning :

20 g terigu protein sedang
6 butir telur dipakai kuningnya saja
50 g gula pasir
10 g tepung maizena
5 g susu bubuk
100 g margarin atau bisa juga gabungan 60 g margarin ditambah 40 g mentega, tapi tidak memakai emulsifier
1/2 sdt emulsifier
1/2 sdm susu kental manis putih

Bahan untuk lapis cokelat :

15 g terigu protein sedang
7 butir telur dipakai kuningnya saja
75 g gula pasir
5 g susu bubuk
10 g cokelat bubuk
100 g margarin atau bisa juga gabungan 60 g margarin ditambah 40 g mentega, tapi tidak memakai emulsifier
1/2 sdt emulsifier
1/2 sdm susu kental manis putih

Bahan untuk perekat lapis kuning dan coklat : selai strawberry sesuai kebutuhan



- Mixer margarin plus mentega hingga berwarna putih, masukkan 1/2 sdm susu kental manis kemudian mixer lagi sampai rata kemudian Sisihkan.

- Mixer kuning telur, gula pasir serta emulsifier sampai mengembang kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena sekaligus susu bubuk sembari diayak dan aduk sampai rata. Sedangkan pada lapis coklat, masukkan coklat bubuk. Sesudah tercampur rata tambahkan hasil mixer margarin dan mentega sedikit sedikit sembari diaduk aduk hingga rata.

- Sediakan loyang berukuran 24x24x4cm atau boleh juga ukuran lain menurut selera, oleskan minyak goreng atau margarin dan tambahkan alas kertas roti.

- Tempatkan adonan dalam oven panas yang mempunyai temperatur 190 derajat celcius kurang lebih 20 menit hingga matang. Kerjakan hal yang sama pada lapisan coklat. Sisihkan agar dingin.

- Paling akhir ambil satu lembar kue lapis kuning selanjutnya olesi menggunakan selai. Letakkan lapisan coklat di atasnya dan olesi lagi menggunakan selai dan terakhir letakkan lapisan kuning kemudian padatkan.

- Kue lapis Surabaya siap dipotong menurut selera dan segera hidangkan.